Pelabuhan RI Sudah Bersertifikat ISPS Sejak 2004

Ancaman boikot yang disampaikan pihak asing terhadap pelabuhan dan kapal di Indonesia karena dinilai belum memenuhi standar keamanan dan fasilitas pelabuhan sesuai ISPS Code dinilai tak beralasan.Asisten Sekretaris Perusahaan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Hambar Wiyadi membantah pelabuhan di Indonesia tidak memenuhi standar keamanan dan fasilitas internasional (ISPS).

Menurutnya, seluruh pelabuhan Indonesia yang melayani kapal internasional sudah memenuhi standar tersebut.

“Ada audit berkala yang dilakukan baik secara eksternal maupun internal, audit juga dilakukan US Coast Guard,” ujarnya di Jakarta, Selasa (4/9).

Sejak Juli 2004, ucapnya, pelabuhan yang melayani kapal internasional sudah mendapatkan sertifikat ISPS.

Pelabuhan internasional adalah pelabuhan yang melayani kapal internasional yang berkapasitas di atas 500 gross ton (GT).

“Itu sudah jadi persyaratan, pelabuhan dan kapal harus aman,” tambahnya.

Ia mencontohkan, untuk pelabuhan Tanjung Priok, semua terminal sudah masuk dalam kategori aman. Kalaupun ada pelabuhan yang tidak aman, tuturnya, pelabuhan itu kemungkinan berada di black area atau area hitam yang masuk dalam kategori tidak aman untuk disandari kapal-kpal internasional.

“Tapi saya tidak tahu di mana saja letaknya,” sambungnya.

ISPS Code dihasilkan dari konferensi 108 negara anggota Organisasi Maritim Internasional pada Desember 2002 di Inggris yang mengamendemen Safety at Life at Sea.

ISPS Code berlaku efektif sejak 1 Juli 2004 terhadap kapal yang melakukan pelayaran internasional dan fasilitas pelabuhan yang melayani kapal pelayaran internasional.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: