Pemerintah Samakan Tarif Rumah Sakit

Pemerintah memberlakukan standarisasi pembayaran pelayanan kesehatan untuk kelas 3 di rumah sakit pemerintah di seluruh Indonesia mulai 1 September.

Program standarisasi bernama Indonesia Diagnosis Related Group (Ina-DRG) ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No 989/Menkes/SK/IX/2007. Sedangkan standarisasi kelas lainnya akan diberlakukan per 1 Oktober.

Direktur Pelayanan Medik Farid Husein mengatakan, dalam sistem Ina-DRG, pembayaran dilakukan satu paket sesuai dengan jenis penyakit dan tipe rumah sakit. Pembayaran ini sudah termasuk biaya obat, dokter, dan perawatan. “Termasuk juga biaya operasi,” katanya dalam jumpa pers Pertemuan Koordinasi Program Jaminan Pemeliharaan Kkesehatan Bagi Masyarakat Miskin di Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, Selasa.

Menurut Farid standarisasi seperti ini juga diberlakukan di beberapa negara lain. Hasilnya, terjadi peningkatan kinerja dan pendapatan rumah sakit. “Standarisasi ini sudah terbukti,” ujarnya.

Penyamarataan tarif ini juga akan menjadi acuan bagi PT Asuransi Kesehatan dalam melakukan verifikasi. Sehingga menutup kemungkinan penggelembungan klaim.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah, Hanna Permana, menyambut baik program ini. Menurut Hanna, program ini dapat menutupi biaya operasional rumah sakit yang kerap merugi karena adanya peraturan daerah yang sudah menetapkan tarif.

Tempo Interaktif

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: