Perpustakaan Nasional Menargetkan Pembuatan E-Library Dua Tahun Lagi

Perpustakaan Nasional berencana membuat Electronic Library (e-library) pada 2009. “Saat ini kami sedang membenahi infrastruktur dan SDM internal terlebih dahulu,” kata Kepala Pusat Jasa Perpustakaan Nasional Gardjito kepada Tempo.

Menurut dia, pembuatan e-library itu untuk memudahkan anggotanya mengakses perpustakaan dan memancing minat baca. Saat ini Perpustakaan Nasional telah membeli 40 work station untuk memudahkan pencarian katalog buku bagi anggotanya.

“Rencananya akhir Desember nanti kami akan melakukan launching web untuk arsip perpustakaan nasional,” ujar Gardjito. Adanya web ini, kata dia, anggota tidak harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh bacaan.

Kepala Perpustakaan Nasional, Dady P Rachmananta mengatakan program e-library diperkenalkan mula-mula melalui Pustelink atau perpustakan elektronik berjalan. Perpustakaan Nasional saat ini memiliki 1 unit pustelink yang bergerak menuju Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). “Karena biayanya cukup besar saat ini kami baru memiliki 1 unit sebagai proyek percobaan, tetapi di masa mendatang program ini akan terus dikembangkan,” ujar Dady.

Tempo Interaktif

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: