Polri Amankan Rp26 M dari Illegal Logging

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengaku mampu mengamankan kas negara sebesar Rp26 miliar dari hasil operasi kasus illegal logging (pembalakan liar) diKalimantanBarat(Kalbar)dan Kalimantan Timur (Kaltim).Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri mengatakan, angka ini merupakan hasil pelelangan operasi 2007. “Ini belum termasuk kasus yang ada Riau yang masih berjalan. Ini angka nyata yang bisa kami pertanggungjawabkan,” tegas Bambang di Gedung Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri,Jakarta,kemarin. Kabareskrim menekankan, kas negara yang berhasil diselamatkan itu belum mencakup sejumlah alat berat yang ikut disita saat operasi di beberapa wilayah di Kalimantan.“Proses menghitung barang bukti saja tujuh bulan.Jadi kita belum tahu secarapastiberapakerugiannya, karena belum selesai dihitung.

Banyak itu,”ungkapnya. Sejauh ini, Bareskrim Polri bekerja sama dengan Polda Kalbar, Kaltim, Jambi, dan Kalteng sudah menangani sebanyak 135 kasus dengan 170 tersangka. Dari kasus tersebut,sebanyak 74 kasus sudah selesai dan dilimpahkan ke kejaksaan.Sementara, 61 kasus hingga kini masih dalam proses penyidikan.“Ada tindakan kerasuntukpelaku.Mereka ditahan tanpa ada penangguhan. Untuk di Kaltim, ada lima tersangka juga yang akan disidang tindak pidana korupsi (tipikor),”jelas Bambang. Dia menerangkan,jutaan kubik kayu hasil pembalakan liar itu bergeser ke beberapa negara tetangga Indonesia. Bahkan, ujar dia,ada beberapa warga negara asing (WNA) yang terlibat dan ditetapkan tersangka.

Sementara itu, untuk kasus pembalakan liar di Riau, lanjut Bambang,pihaknya menyerahkan semua proses penyidikan pada Polda setempat. Saat ini, sudah didapat laporan sebanyak 189 kasus illegal loggingterjadi di wilayah itu. “Untuk Riau kita tidak intervensi. Dari kasus itu, 142 kasus sudah dilimpahkan. Sebanyak 24 orang supir sudah divonis satu tahun penjara,” ungkapnya.Menurut dia,pelaku illegal logging diancam melanggar Pasal 78 ayat 5 yunto Pasal 50 ayat 3 huruf e, f, h, dan j UU 41/1999 tentang Kehutanan. Bambang menekankan, pihaknya bekerja sama dengan instansi lain untuk menindak tegas pelaku pembalakan liar. Selain itu,tambah dia,tersangka diindikasikan terlibat kasus tipikor juga akan dikenakan hukuman yang sesuai, termasuk pejabat sekalipun. “Illegal loggingjuga masuk dalam tindak pidana korupsi. Siapa pun kita tindak tegas, termasuk petugas dan anggota kita,”terangnya.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: