RUU Minerba Ajukan Perbaikan Royalti

Rancangan Undang-Undang (RUU) Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang ditargetkan rampung Desember mendatang ikut memasukkanklausul perbaikan royalti produk mineral.

Ketua Komisi VII DPR Airlangga Hartarto mengatakan klausul tersebut sudah disepakati pemerintah dan DPR. “Kami berpendapat besaran royalti mineral seperti emas, perak, dan tembaga, yang kini hanya sekitar 1% masih terlalu rendah,” katanya dalam sarasehan nasional pertambangan di Jakarta, Selasa (4/9).

Dalam RUU ini, dimasukan kenaikan royalti dalam kisaran tertentu sesuai jenis mineralnya. Airlangga menambahkan, selain perbaikan royalti, pembahasan RUU Minerba juga menyangkut perubahan dana hasil produksi batubara (DHPB) sebesar 13,5% yang dikenakan kepada para pemegang kontrak karya (KK) dan perjanjian karya pengusahaan dan pengelolaan batubara (PKP2B). DHPB itu terdiri dari 6% royalti dan 7,5% buat dana pengembangan.

“Ada pemikiran DHPB bagi perusahaan yang mengusahakan batu bara kalori rendah bisa lebih rendah dari 13,5%,” ujar Airlangga.

Menyangkut bagi hasil tambang antara pusat dan daerah, UU akan menjamin percepatan pencairan bagi hasil ke daerah. Sedang mengenai pengenaan pajak, Airlangga mengatakan, pembicaraan yang mengerucut adalah sistem pajak mengikuti aturan yang berlaku setelah selesainya proses divestasi.

“Ada pembicaraan kalau sudah selesai divestasi apakah bisa sistem pajaknya mengikuti ikuti aturan yang berlaku. Ini khusus untuk pajak, kalau lingkungan dan ‘smelter’ dari awal akan ikuti aturan baru,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan menyangkut masa transisi, UU tersebut menyebutkan masa transisi bagi semua pihak mengikuti aturan yang tertuang dalam UU dalam jangka waktu lima tahun.

Airlangga juga mengatakan, pembahasan RUU Minerba akan memasuki tahap tim perumus (timus) dalam waktu dekat. “Setelah timus, pembahasan akan masuk pansus (panitia khusus). Kami berharap RUU ini bisa diundangkan akhir Desember 2007,” katanya.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: