Sistem Terbuka Pada JORR tidak Salahi Aturan

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Hisnu Pawenang mengatakan diberlakukannya sistem terbuka pada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) tidak melanggar peraturan baik PP Jalan Tol No. 15 tahun 2005 dan UU Jalan No. 38 tahun 2004.”Tidak ada peraturan yang kita langgar. Semua sudah diatur berdasarkan perhitungan,” kata Hisnu di Jakarta, Senin (3/9) terkait dengan anggapan berbagai pihak bahwa JORR tidak sepatutnya dikenakan sistem terbuka.

Menurutnya dengan panjang jalan tol 45 kilometer serta tarif Rp430 per kilometer berarti jarak terjauh Rp19.000 (pembulatan ke bawah) dengan sistem tertutup, kalau setengahnya saja pengguna jalan masih diuntungkan karena tarifnya masih Rp9.500.

Akan tetapi tarif menjadi tidak ekonomis bagi pengguna kendaraan untuk jarak pendek yakni dibawah seperempatnya sekitar 10 kilometer (Rp5.000 dengan pembulatan ke atas).

Bahkan Hisnu menjamin sistem terbuka ini sudah diberlakukan di berbagai negara dengan tujuan memudahkan dalam melakukan transaksi.

Hisnu mengatakan, fungsi dari jalan tol itu dirancang bagi penggunaan jarak jauh, sedangkan untuk jarak pendek disediakan jalan arteri. Ia menunjuk kendaraan angkutan jarak jauh seperti truk dengan sistem ini akan diuntungkan karena mereka tidak harus masuk ke pusat kota misalnya yang dari arah Merak atau sebaliknya.

Sedangkan anggota Komisi V DPR-RI Abduh Hadi mengatakan, sistem terbuka tol JORR belum mencerminkan keadilan dan keterbukaan. Terkait hal itu dia meminta agar pemerintah dapat meninjau kembali kebijakan tersebut terutama untuk mempertimbangkan pengguna kendaraan jarak

dekat yang selama ini menggunakan JORR.

Menyangkut kenaikan tarif tol, Abdul Hadi, mengatakan apabila kenaikan tarif tol tersebut sudah diatur dengan peraturan dan perundangan, akan tetapi harus diingat juga mengenai timing (waktu).

Pemerintah seharusnya jeli agar tak sampai kenaikan tarif itu berbarengan dengan naiknya kebutuhan pokok termasuk dalam hal ini kelangkaan minyak tanah yang dapat memacu inflasi.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: