TEKNOLOGI ENERGY BALANCE SYSTEM UNTUK ALIRKAN LUMPUR SIDOARJO

Pelaksanaan uji coba teknologi Energy Balance System (EBS) dimaksudkan untuk mengalirkan lumpur Sidoarjo   dan uji coba tersebut alam dilakukan pada 8 September 2007 dengan melibatkan tim beranggotakan sebanyak 15 orang.

            Saat ini sedang mempersiapkan peralatan yang akan dimobilisasi untuk Rabu besok. Berat seluruh peralatan mencapai 7,5 ton,・kata Koordinator tim penutupan semburan lumpur ITS, Ir Djaja Laksana,  di Surabaya, Selasa (4/9).

         Untuk itu, pihaknya harus menyewa satu unit crane telescopic berkapasitas 20 ton selama dua hari (6-7 September 2007) untuk mengangkut peralatan seperti pipa enam inci, pipa tiga inci, drum pelampung dan cremona.

          Peralatan yang telah dipersiapkan untuk teknologi EBS adalah pipa berdiameter enam inchi sebanyak 16 batang (panjang enam meter/batang atau totalnya 96 meter), flange (sambungan pipa) sebanyak 40 buah, drum untuk pelampung 30 buah dan cremona (pipa berdiameter tiga inchi uhtuk penguat pipa diameter enam inchi). 

        EBS itu nantinya bersifat untuk mengalirkan lumpur dari pusat semburan ke wet line (saluran pelimpah). Wet line ini mengarah ke areal tambak sebelah timur Porong seluas 4.000 hektare.

       Ia juga mengungkapkan, biaya yang dibutuhkan untuk EBS ini dipastikan lebih murah dari teknologi counterweight dari Jepang. Kalau pakai teknologi Jepang butuh dana Rp4 miliar per hari.

        Menurut Djaja, penemu teknologi EBS  adalah seorang dosen ITS bernama Prof Dr Ir I Made Arya Joni MSc.  bersama timnya sebagai pelaksana di lapangan Ujicoba ini akan dilakukan selama seminggu, dengan Teknologi EBS yang hanya bersifat mengalirkan lumpur, bukan menutup semburan,ujarnya.

Kominfo

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: