5 Operator Baru Akan Layani Merak–Bakauheni

Sedikitnya lima operator penyeberangan diberi izin prinsip oleh Departemen Perhubungan (Dephub) untuk melayani lintasan penyeberangan Merak–Bakauheni.Kelima operator itu diberi waktu enam bulan untuk memenuhi persyaratan teknis agar bisa melayani lintasan Merak–- Bakauheni,dari waktu dikeluarkannya izin atau dua bulan lalu. ”Dari kelima operator itu, baru dua yang menyatakan sudah siap beroperasi di lintasan itu.Mereka menyatakan punya kapal yang sesuai dengan persyaratan Dephub,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Dephub Iskandar Abubakar di Jakarta,kemarin. Dia menjelaskan, penambahan armada tersebut dimaksudkan untuk meremajakan kapal-kapal berusia tua,sekaligus menunjang kepadatan lintas Merak–Bakauheni.

Dephub, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, telah menetapkan batas maksimum usia kapal yang boleh dioperasikan adalah 10 tahun, lebih muda dari sebelumnya, yaitu 20 tahun. Iskandar mengakui, ketentuan pembatasan umur kapal bukanlah hal yang mudah dipenuhi pemilik kapal. Apalagi, kata dia, dengan kondisi pasar dunia sekarang ini,kapal-kapal dengan usia muda, sulit didapatkan.

Sebelumnya, para pengusaha pun keberatan dengan peraturan tersebut karena tarif dinilai masih belum mendukung operator untuk dapat memenuhinya. Efektivitas penambahan armada ini,menurut Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten Dalle Effendy, tergantung pada kemampuan daya angkut dari masing-masing kapal. Saat ini, dari 25 armada yang biasa beroperasi di lintas Merak–Bakauheni, rata-rata daya angkutnya maksimal 60–71 truk. ”Kita rekomendasikan (kapal) yang mempunyai daya angkut 100 truk,” ujarnya di tempat terpisah.

Adpel Banten, lanjut Dalle, telah menyampaikan rekomendasi ini kepada pemerintah agar memasukkan kapal-kapal dengan daya angkut besar di lintasan Merak–Bakauheni. Hal itu diharapkan dapat membantu mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan karena kurangnya daya angkut seperti yang terjadi beberapa hari terakhir.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: