Bank Asing Pilih Akuisisi

Investor bank asing cenderung untuk mengembangkan bisnisnya ke Indonesia melalui akuisisi ketimbang mendirikan bank baru. Pasalnya, mekanisme tersebut lebih efisien dari sisi biaya.”Kemungkinan memang mengakuisisi daripada membuat bank baru karena harus menyetor modal modal Rp3 triliun, kenapa tidak beli aja bank lain yang mungkin harganya hanya Rp500 miliar sampai Rp1 triliun,” ujar Gubernur Bank Indonesia Burhanuddin Abdullah di Jakarta, Selasa (4/9).

Burhanuddin menyatakan hal itu tersebut merujuk adanya sejumlah bank asal Timur Tengah yang berencana melakukan ekspansi bisnis di Tanah Air. Bank-bank itu antara lain Qatar Islamic Bank, Albarakah, dan Quwait Finance House.

“Seingat saya Albarakah sudah beres. Qatar Islamic Bank juga telah mengajukan permohonan membuka kantor perwakilan. Quwait Finance House juga sudah mengajukan dan berbicara dengan saya. Saya kira tinggal masalah

administrasi dan surat-suratnya saja,” ucapnya.

Sementara dengan Emirate Bank, ia mengaku belum pernah melakukan pertemuan mengenai keinginan mereka berinvestasi di Indonesia. Pada umumnya, ucap Burhanuddin, bank-bank asing tersebut akan membuka kantor perwakilan terlebih dulu untuk mengetahui perkembangan dan prospek bisnis di Indonesia.

Setelah itu, mereka akan berupaya mencari mitra lalu kemudian membuka full branch bank.

“Kalau kantor perwakilan cuma 1-3 orang, setelah siap, semua siap baru mereka akan mengakuisisi bank,” kata dia.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: