Jusman Bantah US Coast Guard Ancam Boikot Pelabuhan RI

Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal membantah otoritas penjaga pantai Amerika Serikat (US Coast Guard) mengancam memboikot pelabuhan Indonesia.Menurut Jusman, yang terjadi saat ini justru Departemen Perhubungan bekerja sama dengan US Coast Guard untuk melakukan audit kelayakan pelabuhan Indonesia.

“Tidak ada ancaman boikot dari pemerintah Amerika Serikat terhadap pelabuhan dan barang Indonesia. Yang ada adalah adanya kerjasama dari US Coast Guard dan Departemen Perhubungan untuk mengaudit beberapa pelabuhan,” kata Jusman setelah menghadiri pelantikan tujuh duta besar Indonesia untuk negara tetangga oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/9).

Menurut Jusman, dari kerjasama antara Departemen Perhubungan dan US Coast Guard itu, pihak Amerika Serikat menyatakan jumlah 141 pelabuhan terbuka di Indonesia terlalu banyak dan sebaiknya dikurangi. Sehingga Indonesia berupaya mengurangi 25 pelabuhan yang terbuka dari 141 pelabuhan yang ada.

“Kemudian setelah audit, Amerika menyatakan masih ada 7 terminal, bukan pelabuhan, yang masih belum memenuhi syarat dan memerlukan langkah koreksi,” tegas Jusman.

Karena itu, lanjutnya, tujuh terminal yang belum memenuhi syarat diberikan waktu 90 hari untuk menyelesaikan persoalannya, yaitu melakukan langkah untuk menyesuaikan standarnya agar memenuhi syarat yang ditetapkan penjaga pantai Amerika.

“Di Tanjung Priok ada satu terminal yang belum memenuhi syarat,” cetus Jusman.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: