KPK Minta Keterangan Fahmi Idris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (5/9) meminta keterangan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris. Ia dimintai keterangan selaku mantan Menakertrans soal penempatan tenaga kerja asing atau TKA di Indonesia.Fahmi yang tiba di Gedung KPK, sekitar pukul 10.15 WIB dimintai keterangan dalam kapasitasnya sebagai mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) periode 2004-2005.

KPK membutuhkan keterangan Fahmi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi program investigasi penempatan Tenaga Kerja Asing (TKA) di 46 kabupaten/kota di Indonesia.

Sebelum memasuki ruang pemeriksaan, Fahmi sempat menanggapi pertanyaan wartawan dan mengaku menandatangani persetujuan program tersebut. Ia mengatakan program tersebut telah lama direncanakan oleh Depnakertrans. “Saya pikir program itu positif, jadi saya menandatangani,” ujarnya.

Dalam kasus dugaan korupsi tersebut, pada 3 Agustus 2007 KPK telah menahan mantan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (PPK) Depnakertrans, MSM Manihuruk.

Manihuruk adalah penanggung jawab pekerjaan audit TKA. Dari hasil penyidikan KPK, diketahui bahwa Manuhuruk dalam pengadaan jasa tersebut telah memerintahkan membuat dokumen formalitas sehingga kegiatan jasa audit itu seolah telah dilakukan oleh panitia pengadaan.

Padahal pekerjaan yang dialokasikan dalam anggaran senilai Rp9,27 miliar itu belum dilaksanakan. Program pelaksanaan investigasi senilai Rp9,217 miliar itu dianggarkan pada 2004 pada masa jabatan Menakertrans Jacob Nuawea dan dibayarkan kepada pihak ketiga, Johan Barus.

Namun, program itu sebenarnya baru dilaksanakan pada Januari hingga April 2005, saat Menakertrans dijabat oleh Fahmi Idris. Atas perintah Manihuruk, uang pembayaran yang diterima pelaksana pekerjaan sebagian didistribusikan kembali kepada dirinya.

Dalam program investigasi itu diduga terjadi penggelembungan sehingga terjadi kerugian negara senilai Rp6,57 miliar. Manihuruk dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 UU No 31 Tahun 31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam kasus yang sama, KPK juga telah menahan Kasubid Bina Tata Laksana dan Informasi Pengawasan Ketenagakerjaan, Suseno Tjipto Mantoro.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: