Perpustakaan Mangkunegaran Akan Gelar Pameran Arsip Rekso Pustoko

Pura Mangkunegaran Solo akan menggelar pameran arsip koleksi Rekso Pustoko sebagai peringatan berdiri perpustakaan tertua yang didirikan oleh KGPAA Mangkoenegoro IV, raja Mangkunegaran.

Pameran yang hanya diselenggarakan selama dua hari, 7-8 September itu bertemakan ?Citra Jawa Tempoe Doeloe?, sebagai bagian dari peringatan 250 tahun Pura Mangkunegaran. “Reksa Pustokoberdiri pada tanggal 11 Agustus 1867 atau 140 tahun silam,” kata Yuli Hapsari Soemarsono, Ketua Pelaksana HUT 140th Rekso Pustoko.

Sejumlah arsip yang berusia ratusan tahun akan dipamerkan dalam acara tersebut. Selain itu juga akan dilangsung pameran foto proses pembuatan benda-benda tradisional, hingga pemutaran unpublished dokumentary movies. Rekso Pustoko memiliki puluhan ribu koleksi buku-buku kuna dari berbagai macam bahasa, mulai dari Jawa, Belanda, Perancis, Inggris dan Jerman. “Selain buku, juga berbagai macam arsip bersejarah tersimpan di Reksa Pustaka,” kata Yuli.

Sebagian besar koleksi literaturnya memang berbahasa Jawa dan Belanda. Sebagian manuskrip tentang kondisi sosial, budaya, politik, dan perkembangan kerajaan juga masih menggunakan bahasa dan huruf Jawa. Rekso Pustoko mengalami perkembangan luar biasa saat Mangkunegara VII berkuasa. Raja ini menambah koleksi buku-buku dari luar negeri hingga dua kali lipat dan membuka perpustakaan yang sebelumnya merupakan perpustakaan kerajaan menjadi perpustakaan umum.

Gedung perpustakaan Rekso Pustoko terletak di dalam kompleks Pura Mangkunegaran tepatnya di lantai dua, di atas Kantor Dinas Urusan Istana di sebelah kiri pamedan atau timur Pendapa. Kondisi bangunan bersejarah dengan berbagai koleksi arsip, foto-foto kuno ini seperti halnya kompleks bangunan lain di kompleks tersebut sebenarnya sangat memprihatinkan. Atapnya banyak yang bocor karena keterbatasan dana perawatan.

Tempo Interaktif

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: