Tiga Pabrik Gula Baru Ditargetkan Beroperasi 2009

Departemen Pertanian terbitkan izin prinsip pembangunan tiga buah pabrik gula milik swasta. Pabrik baru ini diharapkan bisa mulai berproduksi dengan basis tebu pada 2009.”Izin prinsipnya sudah keluar. Tetapi mereka tetap harus meminta izin kepada pemerintah daerah. Makanya, dalam pertemuan terakhir kita pertemukan mereka dengan bupat-bupati, dinas dan pemerintah daerah,” ungkap Dirjen Perkebunan Deptan Achmad Mangga Barani di Jakarta, Rabu (5/9).

Lebih jauh, Achmad menjelaskan pabrik pertama berlokasi di Bojonegoro Jawa Timur. Pabrik ini berkapasitas 6.000 ton per hari (ton cane per day/tcd) yang bisa diperbesar menjadi 8.000 tcd. Sedangkan, lahan tebu yang disiapkan mencapai 21 ribu hektare di Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan.

“Pabrik ini milik perusahaan swasta daerah yakni PT Gemilang Unggul Luhur Abadi (GULA),” ungkapnya.

Pabrik kedua, tambah Achmad, milik PT Permata Hijau Resources berkapasitas 4.000 tcd sampai 4.500 cd di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat dengan lahan seluas 5.100 hektare. Lahan perkebunan tebu untuk pabrik ini berlokasi sama di Kabupaten Sambas.

Pabrik ketiga milik PT Semesta Berjaya dengan kapasitas 5.000 tcd yang bisa dikembangkan menjadi 8.000 tcd. Menurut Achmad, pabrik yang berlokasi di Sumatra Barat ini menargetkan lahan tebunya di Kabupaten Pesisir Selatan (5.000 hektare), Padang Pariaman (3.000 hektare), dan Domas Raya (10.000 hektare). “Sehingga mereka akan menggarap tebu dari total lahan seluas 18 ribu hektare,” tambahnya.

Achmad menambahkan, sekarang ini belum bisa ditentukan berapa total investasi yang digunakan. Pasalnya, ketiga perusahaan masih melakukan studi kelayakan dan penghitungan biaya.

Namun, Deptan telah memberikan bantuan berupa kebun bibit pokok (KBP). Tujuannya agar perkebunan tebu bisa mulai bisa dipanen pada 2009.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

3 Responses to Tiga Pabrik Gula Baru Ditargetkan Beroperasi 2009

  1. alihadi56 mengatakan:

    mudah-mudahan terwujud, agar petani punya pilihan untuk menanam, bukan hanya menanam padi, tapi ada pilihan yang menurut mereka ada harapan untuk untung lebih

  2. U'ut mengatakan:

    PT.GULA lokasinya dimana kok gak ada….katanya th 2009 mulai beroperasi?jadi gak sih?!?

  3. joko mengatakan:

    mohon informasi untuk alamat PT. GULA dimana alamatnya?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: