BI Rate dipertahankan karena pasar masih rentan

Gubernur Bank Indonesia Burhanuddin Abdullah mengungkapkan bank sentral mempertahankan BI Rate pada level 8,25% mengingat pasar dalam negeri masih rentan terhadap gejolak pasar global.

Dia juga mengaku agak sulit memprediksikan kapan suku bunga akan digerakkan kembali. “Agak sulit. Kalau kami lihat misalnya masih terjadi kerentanan seperti itu, dan itu akan berpengaruh pada pasar kita di dalam negeri,” jelasnya, seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kenegaraan Presiden Federasi Rusia Vladimir V. Putin, di Istana Merdeka, hari ini.

Sulitnya memprediksikan pasar, ujarnya, terlihat dari nilai saham dan? Rupiah yang dibuka sedikit melemah, kemarin pagi. Terkait hal itu, tambahnya, BI akan tetap menyesuaikan kebijakan menetapkan BI rate berdasarkan perkembangan pasar global.

“Saya pikir BI rate harus tetap bertahan. Untuk sementara pada 8,25%,” jelasnya.

Namun, dia menambahkan di dalam negeri, stabilitas moneter masih terjaga, target inflasi masih sesuai dengan target. Dia optimis kondisi ini masih berlangsung sampai tahun depan. “Kami masih amat optimis dari dalam negeri target inflasi dan stabilitas moneter masih terjaga,” jelasnya.

Stabilitas moneter dalam negeri itu, menurut Burhanuddin tetap menghadapkan Indonesia pada prospek stabilitas jangka menengah panjang. Perkembangan pasar global, tambahnya lagi, juga masih menyesuiakan diri.

Saat ini, paparnya, pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan pemerintah, sehingga harga-harga kebutuhan di dalam negeri stabil.

Mengenai adanya kemungkinan Bi dihadapkan pada kebijakan menaikan suku bunga, dia mengatakan perhitungan akan dilakukan dari waktu ke waktu. BI rate saat ini, menurutnya, merupakan angka yang paling ideal.

Bisnis Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: