DPR Tolak Usulan DPD Soal Calon Presiden Perseorangan

DPR menolak usulan DPD soal calon presiden dari perseorangan. Usulan itu dinilai tidak sesuai dengan konstitusi yang telah mengatur calon presiden diusulkan oleh partai atau gabungan partai.

“Itu hak eksklusif partai,” kata Ferry Mursyidan Baldan ketua panitia khusus undang-undang Pemilu dan undang-undang Pemilihan Presiden. Meski untuk mengusulkan calon adalah hak partai, tetapi calon tidak selalu dari partai maupun pengurusnya.

Dalam rapat dengar pendapat di DPR, DPD mengusulkan calon presiden dapat berasal dari calon perseorangan. Menurut ketua Panitia Perancang Undang-undang, Muspani ketentuan itu tidak perlu dengan merubah Konstitusi. “Tetapi kalau mau diamandemen pun kami ikut mendukung,” katanya.

Dalam Konstitusi pasal 6A, menurut pandangannya ada ruang yang tidak melarang calon perseorang mengikuti pemilihan presiden. Selain itu tidak ada kata hanya dicalokan partai.

Sedangkan pengaturan tentang pemilu pada pasal 22E jelas disebutkan pemilihan umum dilakukan untuk memilih DPR, DPRD, dan DPD. Untuk DPR dan DPRD pesertanya adalah partai politik sedangkan untuk DPD adalah perseorangan.

Patrialis Akbar dari Fraksi PAN meminta DPD lebih berhati-hati dan jangan menafsirkan Konstitusi secara parsial tetapi harus secara utuh. “Bukan berarti yang tidak dilarang boleh,” katanya.

Tempo Interaktif

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: