Membuat Roti Di Rumah

BILA roti awalnya dikenal sebagai makanan hidangan Eropa, kini masyarakat Indonesia akrab dengan sajian dari tepung, baik yang tawar maupun manis ini. Tren roti yang kini sedang digandrungi adalah Asian bread.

Keistimewaannya terletak pada toping atau isi roti yang tidak lagi berada di dalam, melainkan bisa divariasikan di atas roti. Penampilannya segera menggoda selera orang yang melihatnya. Haryanto Makmoer,seorang baking consultant, yang sering berkeliling daerah dan mondar- mandir di berbagai negara Asia mengatakan, sesuai namanya Asian bread ini berasal dari negara Asia yaitu Taiwan. ”Tetapi, jenis roti ini juga sebenarnya ditiru oleh orang Taiwan dari roti di Jepang,” ujar Haryanto Makmoer pada Cooking With Style yang diadakan Detikfood di Jakarta, akhir pekan lalu. Dia mengungkapkan rasa senangnya mengikuti perkembangan minat orang Indonesia terhadap roti.

Kini, roti menjadi makanan yang melengkapi gaya hidup untuk berbagai kalangan. ”Beberapa tahun lalu, orang sempat ragu untuk membuat roti dengan harga yang mahal. Ternyata, peminatnya banyak. Hanya, saya lihat kini pasar untuk tren Asian bread ini sudah mulai jenuh. Produsen harus menampilkan inovasi baru lebih baik lagi,” papar Haryanto. Dia menuturkan, sebenarnya tidak sulit membuat roti di rumah. Salah satu kesulitan yang biasanya dialami adalah waktu yang lama dan proses yang panjang. Karena itu, diperlukan konsistensi dalam membuat roti. ”Yang penting, saat mengaduk adonan sampai kalis sehingga bisa mengembang dengan baik.

Untuk isi atau toping pada roti bisa dikreasikan sesuai selera,” pesan Haryanto. Selain itu, dalam acara yang digelar untuk merayakan enam tahun ”Cooking With Style Detikfood”,hadir juga Hadi Tuwendi, seorang pakar kue dan cake yang menjadi baking consultant. Pada kesempatan ini, Hadi menampilkan kue potong kuno yang kini kembali menjadi tren. Resep pertama yang dibawakan Hadi adalah lapis surabaya marmer. Sekilas, penampilan dan rasa cakeini hampir sama dengan lapis surabaya yang sudah terkenal. ”Memang, lapis surabaya marmer ini memiliki rasa dan penampilan yang hampir sama karena masih satu family.

Kemudian kami kreasikan agar terlihat lebih cantik dengan motif marmer, bukan hanya cokelat di bagian tengahnya,” kata Hadi. Selain itu, Hadi juga menampilkan resep soes bolu gulung isi yang tak kalah nikmat. Soes yang asin yang digulung bahan bolu nan gurih menjadi perpaduan yang nikmat. ”Jika Anda tidak ingin menggunakan rhumbakar pada saat membuat soes ini,maka dapat menggantinya dengan vanila. Sekitar satu sendok teh vanila cukup untuk satu adonan,”sebutnya. Haryanto Makmoer dan Hadi Tuwendi pun membagikan resep andalannya untuk Anda coba di rumah.Membuat roti dan cake sendiri menjadi tidak mustahil bukan? Selamat Mencoba!

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

2 Responses to Membuat Roti Di Rumah

  1. bhungkos says:

    takarannya juga tulis dan cara membuatnya

  2. trini nuresa says:

    makash kakak infonyaaaa 🙂 nice share ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: