Subsidi Minyak Goreng Diundur

Pemerintah memundurkan pelaksanaan program distribusi minyak goreng bersubsidi hingga bulan puasa. Sebelumnya, pemerintah menargetkan program ini dilakukan sebelum Ramadan.”Hari Senin (10/9) kita akan mengumpulkan dinas-dinas untuk mematangkan rencana distribusi subsidi minyak goreng. Kita harapkan awal Ramadan, bisa mulai berjalan,” ungkap Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Ardiansyah Parman kepada Media Indonesia di Jakarta, Kamis (6/9).

Meski begitu, Ardiansyah mengatakan beberapa pemda seperti Jakarta telah melaksanakan operasi pasar minyak goreng. Mereka menjual minyak goreng dengan harga Rp7.000/kg.

Namun, Ardiansyah menyatakan kegiatan tersebut bukan bagian dari program subsidi yang dananya mencapai Rp325 miliar. Namun, dia mengaku gembira dengan kegiatan-kegiata tersebut. Soalnya, semakin banyak operasi akan semakin membantu konsumen khususnya masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ini merupakan bukti dari pelaksanaan CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) yang sudah jalan,” ujarnya.

Untuk meredam lonjakan harga minyak goreng, Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan berupa kenaikan pungutan ekspor CPO. Dengan kenaikan ini diharapkan minyak sawit dan turunnya tidak deras menggelontor ke luar negeri.

Selain itu, untuk membantu masyarakat miskin disediakan subsidi minyak goreng sebesar Rp325 miliar yang sudah disepakati DPR. Rencananya, subsidi ini akan disalurkan melalui UKM, pasar murah Pemda, dan program raskin oleh Bulog.

Berdasarkan pantauan harga dari Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Depperdag harga minyak goreng curah berada di harga Rp8.500/kg hingga Rp9..500/kg. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan harganya berada di kisaran Rp11.500/kg.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: