22 Cekungan Migas Belum Tersentuh

Di Indonesia terdapat 60 cekungan yang berpeluang terdapat cadangan migas. Kini ada 15 cekungan yang sudah berproduksi. Sembilan lainnya tengah dieksplorasi. Sebanyak 14 cekungan sudah dieksplorasi tapi tidak ditemukan migas.

“Masih ada 22 cekungan yang belum dilakukan apa pun,” terang Kadin Studi Eksplorasi Bidang Perencanaan BP Migas Anditya MT Ibrahim,  saat workshop jurnalis, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (7/9/2007).
 
Sejatinya, sudah ada sejumlah perusahaan migas yang tengan menjajaki cekungan yang belum tersentuh ini. Sayangnya, Anditya tidak mau menerangkan perusahaan migas yang sudah menyatakan minatnya di 22 cekungan tersebut.

Kebanyakan cekungan ini terdapat di wilayah timur Indonesia yang sulit dieksplorasi. Tentu saja, kebanyakan perusahaan yang berminat berasal dari luar negeri.

Wajar kalau daerah timur ini lebih banyak diminati pemain asing karena mereka lebih memiliki modal dan teknologi yang lebih memadai. Biaya eksplorasi di darat saja bisa memakan biaya USD4 juta.

Sedangkan di laut, pemboran bisa menghabiskan uang mulai USD20 juta sampai USD50 juta. Resikonya, bila nanti tidak diketemukan migas maka biaya ditanggung sendiri oleh operator migas bersangkutan.

Okezone

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: