Eksotika Ukiran Kayu Jati

MESKI tren furnitur terus berkembang, bagi beberapa orang,ukiran jati tetap digemari dan menjadi salah satu pilihan untuk menghiasi interior rumah. Kini kebanyakan orang lebih menyukai furnitur modern mengikuti tren interior yang tengah digemari.

Meski cenderung lebih mahal, ternyata furnitur yang terbuat dari kayu jati dengan banyak pilihan dan beragam modelnya pun masih sangat digemari.Para pencinta seni furnitur etnik rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapatkan perabot kayu jati. Perabotan kayu yang tergolong kuat ini pada sebuah hunian memunculkan kesan elegan, mewah, dan etnik. Berbagai pilihan pernik-pernik ruang, mulai dari kursi,lemari hingga meja makan banyak ditawarkan di pasar mebel atau toko-toko furnitur etnik.Banyak juga yang memilih desain furnitur etnik dengan ukirannya yang khas, dengan cara memesan khusus. Contohnya, ukiran yang terbuat dari kayu jati asal Kota Jepara.

Jepara merupakan kota yang sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai perajin mebel dan ukiran kayu. Menurut sejarah kuno, masyarakat Jepara memang mempunyai spesialisasi keahlian di bidang mengukir kayu. Namun, seiring perkembangan zaman, keahlian mengukir masyarakat Jepara mengalami perkembangan. Model furnitur berukiran milik Indonesia (Jepara) pada umumnya banyak diadaptasi dari budaya luar. ”Dari bentuk kaki, sandaran atau medallion-nya sebagian besar diadaptasi dari budaya China atau Prancis,”ujar Ayu Sawitri Joddy, Interior Desainer dari PT Terra Wastu Kanaka.

Terdapat beragam jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat perabotan,mulai dari merbabu, jati, kamper, bengkirai, dan masih banyak lagi. Semakin tinggi tingkat kekeringan kayu, makin awet dan tahan lama pula perabotan tersebut. Untuk memilih perabotan yang berkualitas, kita harus lebih bisa membedakan antara materi kayu yang tua dan muda. Bahkan,banyak juga materi tua, tapi bel u m lama dibuat (dibentuk). Menurut Zulfikar Latief,owner galeri furnitur etnik Rumah Jawa, “Bahan kayu jati bisa juga dari recycle rumah joglo.” Kayu jati yang akan digunakan untuk membuat suatu furnitur terdiri atas berbagai macam kualitas.

Kayu jati yang bagus disebut dengan kayu jati super dengan kualitas nomor 1, 2,dan 3.Dari segi umur pun akan memengaruhi tampilan furnitur yang dihasilkan. Semakin tua semakin bagus kualitasnya, ini dapat dilihat dari diameter lingkar pohonnya. Untuk melihat kualitas kayu tersebut, yaitu dari belahan dalam jika dipotong horizontal terdapat lingkaran garis-garis yang menunjukkan usia dari kayu itu sendiri. “Biasanya jika umur kayu tersebut tua, akan keluar platinanya,” ucapnya. Platina ini adalah semacam minyak yang dikeluarkan dari dalam kayu yang berfungsi menjaga lapisan luar dari kayu tersebut. Dulu, orang lebih suka menggunakan ambalo, semacam getah pohon yang diproses agar warna kayu jadi lebih merah.

Dengan menggunakan ambalo, perabotan kayu jadi lebih mewah dan berwarna lebih gelap dibandingkan menggunakan lapisan buatan. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, lapisan buatan cenderung dipilih untuk mengilapkan produk tersebut. Salah satunya dengan menggunakan melamin.Meski relatif lebih mahal, melamin dapat mengilapkan dan membuat furnitur kayu jati lebih tahan lama. Adapun cara untuk merawat furnitur bermaterial kayu sangat mudah, yaitu dengan rajin membersihkan debu di permukaannya. Walaupun untuk beberapa jenis kayu membutuhkan perawatan khusus. Bila lapisan minyak/platina pudar dapat diantisipasi dengan menggosok, kemudian melapisinya dengan sirlak.Sirlak sendiri ada yang berasal yang dari India dan ada pula yang berasal dari China.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

2 Responses to Eksotika Ukiran Kayu Jati

  1. pokcikmie says:

    karya yang menarik ,tq kerana memberi maklumat

  2. ferdi says:

    Dijual Rumah Joglo kuno , tiang/soko penyangga bulat utuh jati kuno tanpa kulit diameter 1 meter,panjang 32 m x 25 m, tinggi 5 meter sebanyak 4 buah,dengan paku di semua bagian berbentuk kotak(paku kuno)dinding jati,atap genting batu, didnding jati blabak tebal 5 cm panjang 1,5 m lebar 20 cm, sebanyak kurang lebih 500an lembar, sedangkan dudug atas masih utuh 4 buah tumpuk juga dengan juga ada masih punden Batu untuk lumbung di belakang, benar-benar utuh,usia kayu jati rumah joglo ini ratusan tahu kurang lebih tahun 1700an, terletak di tengah hutan terpencil yang tidak tersentuh masyarakat,kami merhasiakan lokasi rumah dan masih utuh dengan perawatan turun temurun, sempat terakhir di tawar Kolektor dari Belanda senilai 5 Milyar, kami buka pelelangan tahun ini 2010, kami lelang 6 Milyar Nego. lebih lengkap hubungi Ferdi 085649842128 / 0341-9262769

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: