Pailit PT DI, Presiden Minta Proses Hukum Dijalankan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta proses hukum dalam upaya penyelesaian kasus kepalitan yang menimpa PT Dirgantara Indonesia (DI) terus dilanjutkan. Pemerintah akan mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengatakan pemerintah ingin agar PT DI beroperasi seperti sedia kala. “Pokoknya yang pertama kita lakukan upaya hukum sebagaimana yang ada. Kita terapkan prinsip hukum yang benar,” kata Sofyan seusai rapat terbatas di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jumat (8/9).

Pemerintah, lanjutnya, akan menempuh jalur kasasi terhadap putusan pailit itu. Tiga alasan akan diajukan menjadi dasar upaya kasasi.

Pertama, tuntutan para mantan karyawan itu tidak jelas dan proses penyelesaiannya saat ini ada di pengadilan. Kedua, kondisi PT DI saat ini cukup baik dan tidak pada posisi insolvent. Ketiga, PT DI memiliki pesanan yang harus diselesaikan. “Namun bila ada managable solution lain, kita juga akan upayakan,” ujarnya.

Dalam putusan Majelis Hakim yang diketuai Andriani Nurdin, PT DI dinilai gagal melunasi utang-utangnya yang telah jatuh tempo. PT DI gagal melunasi utangnya kepada Bank Mandiri sebesar Rp125 miliar dan membayar hak pensiun para mantan karyawannya. PT DI dinilai tidak bisa menaati keputusan Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P) untuk membayar hak para mantan karyawannya sebesar Rp200 miliar.

Sofyan menyatakan bahwa PT DI mampu melakukan pembayaran seperti yang diminta karyawan apabila pengadilan memutuskan demikian. Sebab saat ini, tuntutan pembayaran pesangon itu ternyata juga ada di proses pengadilan.

“Kita akan jelaskan pada konsumen kita bahwa ini kalau pun misalnya PT DI harus bayar sesuai putusan hukum, maka itu tidak ada kesulitan untuk membayar,” tegasnya.

Yang penting juga dilakukan saat ini adalah menyakinkan para pemesan bahwa PT DI masih tetap mampu bekerja memenuhi pesanannya.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: