Pemerintah Berencana Utang US$2,5 Miliar Lagi

Pemerintah menetapkan komitmen utang baru sebesar US$2,5 miliar untuk membiayai proyek-proyek di dalam negeri. Komitmen utang itu tertuang dalam green book 2007-2008 yang dibuat Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).Demikian dikatakan Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo kepada wartawan di Jakarta, Jumat (7/9).

Menurutnya, komitmen utang baru tersebut didapat dari tiga kreditor terbesar Indonesia, yakni Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), dan Japan Bank for International Corporation (JBIC).

“Kita prioritaskan pinjaman ini untuk proyek-proyek yang sifatnya mendesak dan sudah siap diimplementasikan,” ujar Lukita.

Sebelumnya, kata dia, Bappenas telah melakukan exercise proyek-proyek yang dimasukkan dalam daftar proyek untuk dibiayai pinjaman atau hibah luar negeri (blue book 2006-2009). Proyek-proyek yang tercantum dalam blue book total nilainya mencapai US$4 miliar.

“Setelah dilakukan excercise, proyek yang telah ada peminat dan sudah siap dibangun dimasukkan dalam green book,” kata Lukita.

Penilaian dalam green book, dijelaskannya, yaitu telah memiliki dana pendamping, adanya unit manajemen proyek dan detail desain proyek. Proyek-proyek yang masuk dalam green book sebagian besar adalah proyek pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan dan pembangunan jalur ganda kereta api.

Selain itu, utang baru tersebut juga dipakai untuk membiayai proyek di bidang pendidikan seperti pengembangan riset di Perguruan Tinggi. Seperti pengembangan Fakultas Kedokteran UI menjadi world class.

Hal senada juga dikatakan oleh Sekretaris Utama Bappenas, Syahrial Loetan. Dia mengatakan proyek yang dimasukkan ke dalam green book diberikan dengan syarat yakni keharusan adanya teknologi baru dari pinjaman yang dilakukan.

“Proyek-proyek yang masuk ke green book merupakan saringan yang memang pinjaman itu untuk proyek yang sesuai, prioritas kita dan kita rasa memang kita butuhkan dan harus kita pinjam. Kenapa begitu, karena kita tidak ingin pinjaman kita itu makin hari makin besar,” katanya.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: