Hadapi Lebaran, PT KA Tambah 50 Gerbong Baru

Menghadapi angkutan lebaran, PT Kereta Api (KA) akan mengoperasionalkan 50 gerbong baru kelas ekonomi.Diharapkan gerbong baru ini bisa meminimalisasi kemungkinan terjadinya kecelakaan yang kerap terjadi di kereta kelas ini.

Direktur Utama PT KA Ronny Wahyudi kepada wartawan usai pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Perkeretapian di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Minggu (9/9) malam, mengatakan 50 gerbong ini terdiri dari 40 gerbong yang berasal dari bantuan pemerintah dan sisanya dibeli sendiri oleh PT KA.

“Nantinya gerbong baru ini akan menggantikan gerbong-gerbong yang usianya sudah di atas 40 tahun yang kerap menjadi penyebab terjadinya masalah,” kata Ronny.

Ronny juga mengatakan seluruh gerbong baru ini memang khusus kelas ekonomi yang kondisinya memang sudah banyak yang tua. Sementara untuk kelas bisnis dan eksekutif, belum ada penambahan gerbong baru.

“Selain itu kenyataannya ketika angkutan lebaran, kereta kelas ekonomi yang paling banyak digunakan oleh pemudik,” tambahnya.

Ronny mengatakan 50 gerbong baru ini akan mulai dioperasionalkan tepat ketika masa angkutan lebaran dimulai, yang biasanya pertengahan puasa.

Selain itu, untuk angkutan lebaran tahun ini PT KA juga telah melakukan berbagai persiapan seperti perbaikan rel KA dan penyisiran jalur-jalur rawan serta memperbaiki jalur yang rusak.

“Kita telah melakukan penyisiran untuk melihat jalur-jalur rawan dan mengganti rel atau bantalan rel yang rusak,” katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal mengatakan untuk arus mudik nanti diperkirakan jumlah penumpang akan meningkat antara 5 persen hingga 10 persen dari hari-hari biasa. Seluruh jajaran perhubungan telah melakukan berbagai koordinasi untuk mengantisipasi padatnya arus lalu lintas.

“Ada beberapa titik rawan yang kita perhatikan kemungkinan terjadinya penumpukan kendaraan seperti Pelabuhan Merak yang kita telah menyiapkan armada tambahan,” kata Jusman.

Jusman juga mengatakan lebaran tahun ini pemudik dengan kendaraan bermotor juga akan masih mendominasi arus lalu lintas. Bahkan pihaknya memprediksi, pemudik dengan menggunakan roda dua akan mencapai 60 persen dari seluruh pengguna jalan.

“Tentu kita juga akan memberi perhatian khusus untuk mengantisipasi adanya kecelakaan,” katanya.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: