Hiasan Hewan nan Indah dari Limbah Kaleng

Ide memulai sebuah usaha bisa datang dari suatu ketidaksengajaan. Inilah yang dialami Kusnodin, warga Ngadirejo, Magelang, Jawa Tengah. Pria ini membuka usaha kerajinan berbahan kaleng bekas berawal dari ulah tikus pada 1986.Namun siapa sangka, ulah tikus yang merusak kaleng-kaleng justru berbuah ide untuk menghasilkan Rupiah. Limbah kaleng oli, biskuit, atau tiner disulap menjadi berbagai bentuk hewan. Bahan pendukungnya juga tidak sulit diperoleh. Biasanya Kusnodin hanya membutuhkan kayu untuk membentuk badan, besi berlapis plastik untuk bagian kaki, dan jepitan dari fiber glass.

Tapi ternyata untuk membuat bentuk-bentuk unik itu harus melewati proses yang cukup rumit. Sebelum dipotong, kaleng dicuci terlebih dahulu menggunakan minyak atau tiner. Kemudian dibentuk lembaran selebar empat sentimeter. Lalu lembaran kaleng dibuat serpihan alias dirajang dan dipelintir. Proses selanjutnya tergantung pada bentuk yang diinginkan.

Saking rumitnya, Kusnodin harus membagi para pekerjanya ke dalam beberapa bagian tugas. Ada yang merajang, memelintir kaleng, merakit bulu serta bodi, mengecat, dan sebagainya. Langkah itu diterapkan lantaran membutuhkan banyak orang serta ketelitian yang tinggi. Namun dengan cara itu, kesempurnaan produk bisa tercipta lewat tangan-tangan kreatif Kusnodin dan para pekerjanya.

Liputan 6

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

2 Responses to Hiasan Hewan nan Indah dari Limbah Kaleng

  1. beta mengatakan:

    ruwet juga ya teknis bisnisnya, tapi ini ide bagus. sayang ga ada fotonya tu hasil binatang-binatang dari kaleng. oke deh good luck.

  2. ade mengatakan:

    boleh ga minta no telf Bpk Kusnodin ( pengeraijin dari bahan kaleng)
    ngadiro, magelang, jawa tengah.plz, butuh banget. terima kasih bayak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: