Hidangan Padang saat Berbuka

JELANG bulan puasa, aneka hidangan penggugah selera bermunculan.Masakan Padang tak lekang sebagai salah satu santapan yang difavoritkan. Sepiring nasi dengan lauk daging rendang gurih dan empuk, dilengkapi daun ketela rebus dicocol sambal hijau atau sambal balado.

Tak ketinggalan, kuah santan gurih menyelimuti kepulan nasi panas. Hmm… membayangkannya saja bisa membuat perut keroncongan. Eits, jangan coba membayangkannya di siang hari saat Anda berpuasa kelak. Bisa-bisa puasa menjadi tidak khusyuk. Daripada sekadar membayangkan, sambil menunggu beduk berbuka silakan meluncur ke Gran Via Cafe, Hotel Gran Melia, Jakarta. Selain menampilkan menu internasional (Western dan Asia) juga masakan Nusantara, kafe berkapasitas 330 orang di area lobi utama lantai dua hotel ini ingin sedikit tampil ”beda” menyambut bulan suci kali ini.

Dalam balutan tema ”Exotic Colourful Minang Cuisine”, Gran Via Cafe yang merupakan salah satu kedai kopi terbesar di Jakarta ini siap memanjakan selera pengunjung dengan menu bercita rasa Padang, mulai 12 September hingga 13 Oktober mendatang. Aneka pilihan menu yang tersedia, antara lain daging rendang, gulai otak, ayam panggang, asam padeh, cumi cabai hijau, gadogado padang. Selain itu, ragam masakan berkuah, seperti sup kikil, soto padang, soto daging merah. ”Ragam masakan Padang tersebut kami kombinasikan dengan aneka masakan Nusantara, seperti masakan Jawa dan Sunda,” ungkap Executive Sous Chef Sukijo.

Selain rasa yang diutamakan, chef asal Solo ini menyadari bahwa cara penyajian turut membangkitkan selera bersantap. Untuk itu, Sukijo atau yang akrab disapa Babeh ini berupaya mempresentasikan setiap menu semenarik mungkin, terutama untuk pesanan ala carte. Lihat saja nasi putih yang biasanya di rumah makan Padang ditakar dengan mangkuk kecil.Di tempat ini,nasi itu dikreasikan menyerupai tumpeng kerucut mini bertopikan daun pisang. Tak ketinggalan garnish irisan cabai merah yang mencirikan pedasnya masakan ranah Minang. Penampilan bertambah semarak dengan aneka sayuran warna-warni. Masakan Padang dikenal ”berani bumbu”.Mengolahnya pun membutuhkan kesabaran tinggi agar menghasilkan cita rasa istimewa.

Misalnya dalam membuat rendang, memakan waktu tidak sebentar karena bumbu-bumbu harus meresap. ”Masakan Padang memang terbilang boros bumbu, memasaknya juga lama. Untuk daging, minimal butuh 2–3 jam supaya bumbu meresap,” ungkap chef yang 11 tahun bekerja di hotel ini. Selain ciri khas kuah bersantan, guyuran saus sambal yang agak pekat kian menambah nikmat acara makan.Coba saja cicipi kelezatan ayam panggang yang disiram saus sambal berasa asin-gurih ini.

Pengunjung dapat merasakan kesegaran saus sambal asampedas dalam menu asam padeh yang berbahan dasar ikan. Mayoritas ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah karena dagingnya empuk dan durinya juga sangat mudah dipisahkan dari daging. Untuk menghilangkan amis, Chef Sukijo menambahkan daun kunyit. Sementara itu, penggunaan daun jeruk ditujukan untuk menimbulkan aroma wangi dan sedap pada masakan. ”Agar ikan bisa matang sempurna sampai ke dalam, sebaiknya gunakan api agak kecil. Ini juga untuk menghindari ikan menjadi gosong,” sarannya.

Kriuk lembut daging cumi dan pedas-gurihnya sambal hijau juga berpadu serasi dalam menu bertajuk cumi cabai hijau. Menu ini tanpa ditemani sambal pun sebenarnya resapan cabai hijau sudah terasa dalam cumi. Sebab, daging cumi berwarna putih ini sebelumnya telah di-gangsa dengan minyak, hasil penggorengan cabai hijau. Beralih ke menu yang lebih segar, ada gado-gado padang. Walaupun tanpa kacang panjang dan taoge, seperti gadogado umumnya, isi gado-gado ini lumayan komplet. Mi, tempe, tahu, telur, kentang, timun, selada segar, bahan yang khas adalah sambal kacang dan remahan kerupuk merah. Belum puas? Masih banyak santapan disajikan, dari ala carte hingga santap prasmanan (buffet). Selamat berpuasa

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: