Honda Targetkan 50% Pasar

PT Astra Honda Motor (AHM) menargetkan penjualan hingga akhir 2007 mencapai 2,2–2,4 juta unit, setara dengan penguasaan 48–50% pasar sepeda motor nasional .”Target itu bisa saja tercapai seiring dengan planning kami yang akan meluncurkan produk baru di semester II tahun ini. Target ini juga akan ditopang dengan kondisi pasar yang terus meningkat,” ujar Direktur Pemasaran AHM Johannes Loman saat peluncuran New Supra X 125 di Bandung,baru-baru ini. Loman optimistis pada semester II 2007 penjualan AHM akan meningkat dengan diluncurkannya beragam jenis sepeda motor baru,baik di segmen Fit,Supra, maupun skutik Vario yang rencananya diluncurkan pertengahan September 2007.

Dia memperkirakan,penjualan AHM akan meningkat sekitar 10–20% pada periode tersebut karena permintaan yang meningkat secara musiman mengiringi hari raya keagamaan. Menurut Loman, pencapaian target itu juga akan sangat tergantung kepada hasil penjualan masing-masing varian. Dia mencontohkan,untuk jenis sepeda motor 125 cc, ditargetkan bisa menguasai 50% dari total pasar sepeda motor di kelas itu, atau dengan target penjualan 75.000 unit per bulan. AHM menargetkan penjualan New Supra X 125 sebesar 75.000 unit per bulan.

Sebelumnya, penjualan Supra X 125 hanya mencapai 50.000–55.000 unit per bulan Sementara itu,untuk jenis Fit X,pihaknya menargetkan mampu menjual 50.000 unit per bulan dan untuk Revo mampu terjual 80.000 unit per bulan. Namun, imbuh dia, untuk Revo, saat ini penjualan baru mencapai angka 75.000 unit per bulan. Loman menjelaskan,varianvarian baru tersebut dikeluarkan selain untuk memanfaatkan peningkatan daya beli masyarakat yang mendorong konsumen membeli sepeda motor secara rasional sesuai dengan fungsi,juga memenuhi kebutuhan masyarakat secara emosional.

Varian-varian baru itu menurutnya akan semakin memperkuat pasar Honda. ”Semakin tinggi pendapatan masyarakat,konsumen yang melakukan pembelian secara emosional semakin banyak dan yang rasional semakin mengecil, walaupun akan tetap ada,”jelasnya. AHM memperluas variasi sepeda motor produksinya, terutama di segmen mesin 125 cc yang pasarnya kecil, tetapi nilainya cukup besar. ”Kami mengharapkan, dengan mengeluarkan berbagai produk baru ini, target penjualan sebesar 2,2 juta sampai 2,4 juta unit tahun ini bisa tercapai,” ujarnya. Dia mengatakan,pada Agustus 2007 lalu,total penjualan AHM telah mencapai sekitar 205.000 unit.

Namun, karena masih ada sisa stok, berdasarkan data AISI yang tercatat hanya sekitar 187.000 unit. Di tempat yang sama, Executive Vice President AHM Siswanto Prawiroatmodjo mengatakan, untuk mendukung target tersebut,perusahaan melakukan penambahan investasi yang nilainya cukup signifikan. Namun, Siswanto enggan menyebut jumlah investasi yang telah dikeluarkan. ”Yang jelas,tambahan investasi kami sejalan dengan adanya model dan teknologi baru yang dikembangkan AHM,”kata dia. Dia menambahkan, saat ini AHM memiliki kapasitas produksi sebesar 2,6–2,7 juta unit. Namun, dari segi ketersediaan lahan dan bangunan pabrik, perusahaan menurut dia mampu meningkatkan memproduksi hingga 3 juta unit jika dilakukan penambahan peralatan baru.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: