Pemerintah kaji pembebasan fiskal kuliah luar negeri

Pemerintah Indonesia akan mengkaji kemungkinan memberikan keringanan atau membebaskan kewajiban fiskal bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengikuti pendidikan formal di luar negeri.

Hal ini dikemukakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada anggota Persatuan pelajar Indoensia (PPI), di Sydney, hari ini.

Dia mengatakan lebih lanjut tentang kebijakan membebaskan fiskal bagi pelajar Indonesia di seluruh dunia akan di bahas Menteri Keuangan dengan jajarannya, termasuk Dirjen Pajak, sehingga dapat diketahui apakah kebijakan ini dapat diterapkan.

“Saya tidak bisa menjajikan apa-apa saat ini. Tapi saya akan meminta Menteri Keuangan dan Dirjen Pajak untuk segera membahas ini (bebas fiskal bagi pelajar Indonesia di luar negeri,” jelasnya.

Meski belum bisa menjajikan kebijakan konkrit mengenai usulan dari OISAA ini, Presiden mengatakan pada prinsipnya setuju dengan usulan dan maasukan yang diberikan OISAA. Pasalnya, SBY menilai kepentinga pelajar ke luar negeri adalah untuk mencari ilmu yang dapat diterapkan setelah lulus, baik dengan cara bekerja langsung di Indonesia, maupun tetap bekerja di luar negeri.

Membebaskan fiskal bagi pelajar Indonesia di seluruh dunia merupakan hasil Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) 2007, yang gelar di Sydney. KIPI 2007 sepakat membentuk Aliansi Organisasi Pelajar Indonesia di Luar Negeri (Overseas Indonesian Students Assosiations Alliance/OISAA), (OISAA). KIPI 2007 dihadiri perwakilan PPI dari Australia, Malaysia, India, Italia, Belanda, Mesir dan Jepang.

Di tempat yang sama, Pengurus OISAA M. Casey Ntoma mengatakan usulan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Bisnis Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: