Pertamina akan Pasarkan Zipex ke ASEAN

PT Pertamina (Persero) mulai 2008 berencana memperluas ekspor pelumasnya yang merupakan co-branding dengan perusahaan asal Korea SK Energy, Zipex, ke sejumlah negara ASEAN.Target pertama dari pasar ASEAN yang akan dibidik Pertamina adalah Filipina dan Vietnam.

Deputi Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya kepada Media Indonesia di Jakarta, Minggu (9/9), mengatakan terpilihnya kedua negara itu sebagai target pertama, karena mempertimbangkan potensi pasar yang dimiliki keduanya.

“Kita lihat potensi di Filipina dan Vietnam sudah cukup bagus,” ujarnya.

Saat ini, jelas Hanung, pihaknya bersama SK Corp sudah dalam tahap penyusunan strategi pasar. Sehingga, ia optimistis pada 2008, rencana ekspor tersebut sudah berjalan.

Mengenai besarnya volume ekspor Zipex nanti, Hanung mengemukakan kuotanya diperkirakan akan sama dengan Pakistan.

“Kita perkirakan kurang lebih akan sama dengan ekspor kita ke Pakistan,” kata Hanung.

Pada tahap awal untuk tiga bulan pemasaran sejak Juli 2007, ekspor Zipex ke Pakistan mencapai 30 kontainer. Sedangkan target pengiriman Zipex ke Pakistan hingga akhir tahun 2007 ini mencapai 60-80 kontainer, dan untuk tahun pertama hingga paruh 2008 mendatang, target pengiriman sebanyak 150 kontainer.

Sedangkan terkait dengan negara ASEAN mana yang akan jadi target ekspor Pertamina berikutnya, Hanung mengungkapkan, hal itu akan bergantung dari perkembangan pasar.

“Mungkin tidak semua negara ASEAN. Kita akan lihat dulu negara ASEAN mana yang memiliki pasar pelumas yang baik. Yang pasti kita akan negosiasikan juga dengan SK,” jelasnya.

ASEAN sendiri terdiri dari 10 negara anggota, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos dan Kamboja.

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Pemasaran Pertamina Achmad Faisal mengatakan, target dari co-branding Zipex dengan SK di Pakistan adalah menguasai 10% pangsa pasar pelumas mid tier di Pakistan pada akhir 2012.

Selain itu juga dapat membangun pondasi pemasaran pelumas yang kuat minimal di lima negara di wilayah Asia Pasifik.

Terpilihnya Pakistan sebagai target ekspor pertama Pertamina, dijelaskan Vice President Pelumas Pertamina Iqbal Hasan, karena Pakistan sendiri menyumbangkan 20% atau sebesar 380.000 KL per tahun dari total permintaan untuk region Asia Pasifik.

“Diperkirakan dalam 10 tahun mendatang kebutuhan pelumas di Pakistan akan tumbuh mencapai 5% per tahun dan mencapai volume 625.000 KL pada tahun 2015,” papar Iqbal.

Iqbal juga menjelaskan bahwa setelah melakukan analisis pasar dan penyusunan strategi pasar, produk co-branding pertama dipilih Zipex Series yang merupakan pelumas mineral andalan kedua perusahaan yang siap menembus kelas medium tier di pasar internasional.

Menurut Iqbal, Zipex Series merupakan pengembangan pelumas mineral produk Pertamina yang beredar saat ini, yaitu Prima XP, Fastron, Meditran SC, dan Enduro. Dan masing-masing terdiri dari dua varian, yaitu untuk kendaraan diesel komersial Zipex HD Plus dan Zipex HD; untuk mobil penumpang Zipex XP dan Zipex Super; serta untuk sepeda motor Zipex 4T Sport dan Zipex 4T.

Lebih lanjut ia mengemukakan, terdapat lima kekuatan utama pelumas Zipex. Pertama, Zipex produk co-branding dari dua market leader (SK dan Pertamina) yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Kedua, Zipex diproduksi secara cost effective oleh Pertamina.

Ketiga, Zipex didukung teknologi dan SDM dari Korea. Keempat, Zipex ditunjang oleh pemasok aditif terkemuka di dunia. Dan kelima, Zipex dipasarkan oleh dealer yang andal di Pakistan.

“Dengan mengambil tagline ‘Sesible Lubrication’ pelumas ini dipersiapkan secara optimal agar terjangkau oleh kantong pembeli, cocok untuk segala tipe mesin dengan bahan bakar minyak maupun CNG, mampu mengatasi kondisi iklim di Pakistan, dan meringankan beban pemakaiannya,” kata Iqbal optimistis.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: