Repowering Muara Tawar Tetap Diteken November

PT PLN akan meneken rekayasa, pengadaan dan konstruksi (engineering, procurement and construction/EPC) proyek penambahan daya (repowering) Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar, Bekasi, November 2007.Deputi Direktur Energi Primer PLN Tonny Agus Mulyantono kepada Media Indonesia di Jakarta, Minggu (9/9), mengatakan saat ini pihaknya masih dalam tahapan pengevaluasian konsorsium Marubeni-Alstom sebagai pemenang tender proyek repowering Muara Tawar senilai US$250-300 juta.

Konsorsium perusahaan asal Jepang dan Prancis itu merupakan satu-satunya peserta tender proyek tersebut yang masih dievaluasi.

Lamanya proses pengevaluasian tersebut, dikatakan Tonny, karena masih ada beberapa hal yang belum disepakati.

Namun, ia menolak jika dikatakan proyek repowering ini mengalami hambatan.

“Evaluasi tidak hanya menyangkut masalah harga, tapi hal-hal yang akan dilakukan bersama dengan konsorsium. Semuanya masih berjalan sesuai rencana. Evaluasi kan bukan berarti ada hambatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Pembangkitan dan Energi Primer PLN Ali Herman Ibrahim mengungkapkan, pihaknya masih belum mencapai titik temu dengan Marubeni-Alstom pada sejumlah kegiatan yang harus dikerjakan dengan selisih harga mencapai jutaan dolar AS.

“Ada beberapa pekerjaan krusial yang masih terjadi deviasi dan terus kami lakukan negosiasi dengan mereka (Marubeni-Alstom),” katanya.

Walaup begitu, baik Tonny maupun Ali sama-sama meyakini proyek repowering Muara Tawar berdaya 225 Mw akan selesai sesuai jadwal pada 2009.

“Buktinya, penandatanganan EPC Muara Tawar saja bisa kami lakukan pada November, jadi kan masih sesuai jadwal,” kata Tonny.

PLN, lanjutnya, juga akan meminta pemenang tender untuk bisa menyelesaikan proyek lebih cepat dari 22 bulan.

“Tahapannya itu setelah evaluasi, kan kami harus meminta izin lagi kepada JBIC. Setelah itu baru konstruksi. Kami sendiri berharap konstruksi itu bisa selesai dalam 22 bulan.”

Penyelesaian konstruksi dalam 22 bulan ini lebih cepat dari target yang disampaikan Ali sebelumnya yang selama 24 bulan. Hal itu dilakukan untuk mengejar target penyelesaian 2009.

“Kami ingin proyek ini segera selesai untuk menambah kehandalan daya pembangkit di sistem kelistrikan Jawa-Bali,” tambahnya.

Selain Muara Tawar, PLN juga masih mengevaluasi tender proyek repowering lainnya, yakni PLTGU Tanjung Priok, Jakarta Utara, berdaya 720 MW dengan nilai investasi sekitar US$500 juta.

Peserta tender proyek pembangkit itu ada empat yakni, Mitsubishi (Jepang), Marubeni-Siemens (Jepang-Jerman), Mitsui-Alstom (Jepang-Prancis), dan Sumitomo-General Electric (Jepang-AS).

“Keempat-empatnya masih kita evaluasi,” kata Tonny.

Sebelumnya, perusahaan Jepang lainnya yakni Mitsubishi Heavy Industries Ltd telah menandatangani kontrak EPC repowering PLTGU Muara Karang, Jakarta Utara, senilai US$451 juta pada awal Juli lalu.

Mitsubishi akan melakukan pembangunan repowering Muara Karang berdaya 720 Mw selama 30 bulan.

Ketiga proyek repowering PLTGU itu yakni Muara Tawar, Tanjung Priok, dan Muara Karang telah mendapat komitmen pendanaan dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sejak 2005.

Ditargetkan, pengoperasian pembangkit opencycle (PLTG) Muara Karang 500 Mw, Muara Tawar 150 Mw, dan Tanjung Priok 500 Mw pada 2008-2009. Sedangkan penyelesaian pembangkit combine-nya (PLTU) pada 2009-2010.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: