Tender PLTU Suralaya Dibuka Oktober

PT PLN (Persero) pada Oktober mendatang akan membuka tender ketiga pengadaan pasokan batubara sebanyak 2,5 juta ton untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Jawa Barat, berdaya 3.400 Megawatt (Mw).Langkah ini dilakukan PLN menyusul gagalnya tender kedua yang ditargetkan memenuhi kebutuhan pembangkit tersebut pada Januari tahun depan.

Direktur Produksi PT Indonesia Power (IP) Ahmad Sadikin di sela-sela acara peletakan batu pertama PLTU Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (10/9), mengatakan dari total kebutuhan batubara per tahun sebesar 11-14 juta ton per tahun, yang mendapat kepastian baru sebesar 6,1 juta ton dari PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (BA).

“Jadi 2,5 juta akan ditender pada oktober. Sisanya akan ambil di spot, tergantung kebutuhan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk keperluan pasokan batubara PLTU Suralaya pada tahun depan, sebenarnya masih tersedia jaminan sebesar 5 juta ton dari kontrak yang lama. Namun, persiapan mengambil pasokan dari pasar spot dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika penyaluran batubara nantinya terhambat berbagai gangguan, termasuk cuaca.

“Yang lama masih ada kontrak 5 juta, tapi belum bisa lancar karena ada gangguan cuaca. Jadi, pasar spot untuk cadangan,” jelasnya.

Usaha PLN beberapa kali menggelar tender untuk mendapatkan pemasok batubara di PLTU Suralaya harus berakhir dengan kegagalan. Seperti tender batubara berkadar 5.100 kkal/kg yang pertama, tender kedua hanya diikuti dua perusahaan yakni PT Berau Coal dan PT Kideco.

Dengan demikian, sesuai aturan, karena tender hanya diikuti dua peserta, maka dinyatakan gagal. Alasan kegagalan tender yang lainnya adalah karena harga batubara yang diajukan peserta juga masih di atas harga penawaran sendiri (HPS) PT PLN (Persero) yang sesuai rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) hanya sebesar Rp384.000 per ton.

Mengenai HPS batubara nantinya, Ahmad mengatakan saat ini IP, selaku operator PLTU Suralaya, sudah minta bantuan dari konsultan untuk mengkaji berapa HPS yang pantas untuk tahun 2008.

“Para peserta tender pada umumnya tahun depan minta lebih. Mereka minta lebih dari Rp400.000 per ton. Tapi, kita mempercayakan hal itu kepada konsultan, termasuk minta bantuan Asosiasi Batubara Indonesia,” ujarnya.

Jika HPS yang diusulkan para konsultan ini nantinya disetujui PLN, menurut Ahmad, sebagai imbasnya, ongkos produksi yang akan dikeluarkan IP akan naik.

Meski demikian, ia memastikan kenaikan biaya produksi tersebut tidak akan menyebabkan kenaikan harga jual listrik kepada konsumen yang saat ini berkisar Rp600 per KwH.

Direktur Pembangkitan dan Energi Primer PLN Ali Herman Ibrahim sebelumnya mengatakan jika tender yang terakhir ini juga menemui kegagalan, selanjutnya PLN akan menunjuk langsung perusahaan pemasok batubara.

PLN menggelar tender untuk menutupi kekurangan pasokan batubara PLTU Suralaya tahun 2008 dari PT BA.

Sesuai jadwal, PLN sudah harus menandatangani pengadaan batubara dengan pemenang tender tiga bulan sebelum Januari 2008.

Sebelumnya, Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen ESDM J Purwono mengatakan persoalan tender tersebut merupakan mekanisme pasar sehingga menjadi urusan korporat.

“Persoalan ini tidak memerlukan bantuan pemerintah,” katanya.

Ia juga meminta PLN melakukan evaluasi, mengapa tender batubaranya terus menerus mengalami kegagalan.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Tender PLTU Suralaya Dibuka Oktober

  1. Uray Haryanto says:

    Yth. Bpk Pimpinan PT.PLN ( Persero ) Suralaya
    di Banten

    Dengan hormat,

    Dengan ini disampaikan, bahwa kami dapat supplay batubara untuk kalori 5500 kcal, 5800, kcal dan 6300 kcal dangan jumlah rata2 50.000 mt perbulan.

    Sehubungan itu mohon kepada kami diberikan kepercayaan untuk mensuplay kebutuhan batubara PT.PLN ( Persero ) Cabang Suralaya.

    Demikian kami sampaikan dan atas kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.

    Hormat kami,

    Uray Haryanto

    Note : – Jika kami diperkenankan, maka mohon kami dihubungi
    melalui email : aluga_9@yahoo.co.id atau mobile :
    08125632156
    – Email kami ini dapat kami pertangungjawabkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: