Bank Mega Buka Peluang Akuisisi

PT BankMega Tbk membuka peluang untuk melakukan akuisisi atas bank lain sebagai upaya menciptakan efisiensi dan nilai tambah bagi perseroan.Di samping itu, Bank Mega berencana melakukan sinergi dengan Bank Mega Syariah dalam hal project financing dalam waktu dekat.

“Terus terang saja kita tidak menutup diri, kita belum ketemu yang cocok juga. Kalau kita bicara masalah akuisisi, kita enggak mau cuma akuisisi saja. Tapi harus ada nilai tambah dari akuisisi tersebut,” ucap Dirut Bank Mega Yungky Setiawan di sela kegiatan donor darah Mega Peduli di Jakarta, Selasa (11/9).

Menurut Yunky, akuisisi yang akan dilakukan haruslah meningkatkan efisiensi bagi pihaknya. Misalnya, ia menyontohkan, dalam hal perluasan jaringan kantor cabang.

“Kalau kita buka cabang sendiri, dalam satu tahun aset kita bisa bertambah Rp70-Rp100 miliar, tapi kalau akuisisi cuma menambah Rp30 miliar sampai Rp40 miliar, ya tak ada nilai tambah,” paparnya.

Yungky menyebutkan proses akuisisi tak hanya mengambil alih kepemilikan, melainkan juga menyamakan persepsi SDM akan visi dan misi perseroan dan mengintegrasikan sistem.

Untuk itu ia mengatakan Bank Mega tidak terburu-buru untuk mendapatkan bank yang dapat memberi nilai tambah tersebut. Saat ini, ia mengakui pihaknya belum menemukan bank dengan kriteria yang diinginkan tersebut.

Di samping itu, Yungky juga mengungkapkan rencana Bank Mega bersinergi dengan Bank Mega Syariah untuk pembiayaan proyek infrastruktur di bidang telekomunikasi tahun ini.

“Ada beberapa rencana yang dibicarakan, tapi tahun ini untuk pembiyaan telekomunikasi. Kalau tidak salah untuk menara base transceiver station (bts),” cetusnya.

Pihaknya juga kini tengah menanti persetujuan dari Bank Indonesia untuk melakukan office channeling dengan Bank Mega Syariah.

Bank Mega menargetkan pencapaian porsi kredit infrastruktur 30% dari total outstanding kredit Rp17 triliun. Sekitar 10% dari kredit infrastruktur, ditujukan bagi proyek jalan tol, kapal, dan pembangkit listrik.

Internal policy untuk jalan tol Rp1,7 triliun. Nanti kita bisa lihat juga dari perkembangan.”

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: