BlackBerry Kian Terjangkau

OPERATORmemangkas signifikan biaya langganan layanan BlackBerry. Handset BlackBerry juga makin kaya fitur. Tiga operator GSM utama di Indonesia sudah menawarkan layanan BlackBerry.

Alhasil persaingan sengit pun terjadi. Guna merangkul sebanyak mungkin pelanggan, penyedia layanan BlackBerry memangkas signifikan biaya langganan minimal per bulan. Enam bulan silam, layanan BlackBerry hanya bisa dinikmati dengan biaya minimal Rp400.000 per bulan.

”Kini BlackBerry bisa dinikmati dengan Rp199.000 per bulan. XL memang bukan operator seluler pertama di Indonesia yang menawarkan layanan BlackBerry. Namun, XL merupakan operator seluler pertama yang menawarkan layanan BlackBerry berbiaya murah,” tandas Analyst Marketing Communication Division PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) Rezha Eka Permana.

Dengan biaya langganan kurang dari Rp200.000 per bulan, pengguna XL BlackBerry bisa menikmati akses data (GPRS) tanpa batas melalui access point name (APN) Black- Berry.Net. Adapun bila harus menggunakan jaringan operator, maka pengguna XL Black- Berry ditawari bonus 50 megabyte gratis.Apabila pengguna memanfaatkan akses data lebih dari 50 megabyte, maka pengguna dikenai tarif Rp2 per kilobyte.

”Dengan begitu, pengguna XL BlackBerry tidak perlu cemas kuota akan terlampaui. Paket Unlimited APN Black- Berry dari XL merupakan revolusi dalam penyajian layanan BlackBerry,” ujar GSM Business Solution Manager XL Faizal Adiputra. Ketika seseorang sudah beralih dari komunikasi suara ke komunikasi data, maka dia bisa menikmati biaya komunikasi lebih murah.

Konsultan perencanaan keuangan Safir Senduk dari biro perencanaan keuangan Safif Senduk & Rekan merasakannya. ”Saya bisa mengurangi ko- munikasi telepon setelah menggunakan XL BlackBerry. Jikalau pun saya harus bertelepon, maka saya bisa menikmati tarif lebih murah,” ungkap Safir, yang mulai menggunakan BlackBerry pada Februari. Safir menilai, BlackBerry sesungguhnya merupakan layanan komunikasi murah.

Dia mengakui,harga handset Black- Berry memang masih tinggi, yakni sekitar Rp5 juta,kendati yang berharga Rp1,5 juta juga ada tapi memiliki fitur terbatas. Namun, Safir menjelaskan, apabila pengguna menghitung biaya keseluruhan,maka BlackBerry menjadi lebih murah. Pengguna bisa menikmati penghematan biaya signifikan dengan mengalihkan komunikasi telepon ke komunikasi e-mail dan IM (instant messaging).

”Orang terlalu fokus pada biaya beli. Namun, biaya beli bukan biaya total karena ada biaya operasi.Logikanya seperti orang beli lampu. Orang bisa memilih antara bola lampu kuning dan lampu neon,”sebut Safir. Safir menjelaskan, lampu kuning memang berbiaya beli lebih murah. Namun, lampu kuning lebih boros daya sehingga pengguna harus membayar biaya listrik lebih besar.

Sebaliknya, lampu neon berharga beli lebih tinggi. Namun, lampu neon lebih hemat daya sehingga biaya listrik pengguna menjadi lebih murah. ”Biaya langganan Rp199.000 yang ditawarkan XL cukup adil untuk pengguna.Saya dulu sempat menunda penggunaan Blak- Berry karena biaya per bulan minimal berkisar Rp500.000,” tandas Safir.

Safir mengungkapkan, biaya BlackBerry semakin tidak terasa ketika pengguna melihat manfaat produktivitas yang ditawarkannya. Dengan push e-mail BlackBerry, Safir mengaku bisa menikmati hidup tanpa harus meninggalkan pekerjaan. ”Kami bisa mengakses e-mail dan chatting melalui IM di mana saja berada sehingga kami tidak harus berada di kantor untuk bekerja. Karena faktanya, jam kerja saya lebih sering habis di luar kantor,”tutur Safir.

Popularitas BlackBerry juga semakin menanjak karena handset yang ditawarkan Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry, juga semakin baik. Lebih dari sekadar push e-mail,handset BlackBerry sudah menawarkan kemampuan multimedia,ekspansi memori, dan bahkan navigasi GPS.

”Dulu saya menunda penggunaan BlackBerry karena handset-nya seperti mainan. Sekarang saya pakai BlackBerry 8700. Di samping memiliki penampilan lebih baik,handset ini juga lebih cepat dan lebih nyaman dioperasikan,” papar Safir. Operator BlackBerry rupanya memahami tuntutan para pengguna handset di Indonesia yang memiliki selera tinggi. Terbukti, XL terus meremajakan penawaran dengan sejumlah handset lebih ”segar”.

”Yang terbaru adalah Black- Berry 8310. Handset tersebut memiliki internal GPS sehingga pengguna bisa mengakses layanan peta Indonesia. Pengsor guna bisa langsung memanfaatkannya karena XL menawarkan paket bundle,” ujar Faizal. Rezha menambahkan,Black- Berry 8310 ditujukan kepada pengguna advanced (paham teknologi) karena handset tersebut menawarkan fitur lebih lengkap, termasuk kamera digital dan ekspansi memori.

Untuk pemuja fashion, XL juga menawarkan BlackBerry Silver Pearl. Produk tersebut eksklusif karena yang banyak tersedia di pasar adalah Black Pearl. Silver Pearl hanya dipasarkan oleh Vodafone dan XL bisa menawarkannya karena XL afiliasi Vodafone.

”XL merupakan bagian dari keluarga Vodafone. RIM memiliki unit bisnis khusus untuk melayaniVodafone sebagai merek global. Hubungan XL dengan Vodafone meningkatkan daya saing XL karena bisa menawarkan produk-produk eksklusif,” tutur Carrier Relationship & Sales Manager Vodafone Business Unit Research In Motion Singapore Pte Ltd Darryl Prince.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

2 Responses to BlackBerry Kian Terjangkau

  1. rosgani mengatakan:

    Kebetulan saya juga pengguna BlackBerry® 8700g, hehehehe

  2. Herdi@pekalongan mengatakan:

    Nice info . . .
    Jadi bisa milih tarif BB yang sesuai . . .
    thanks to share . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: