BPK Bentuk Tim Rekening Liar

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan membentuk tim internal untuk membantu pemerintah menertibkan rekening liar.Tim ini akan menjadi rekan kerja pemerintah dalam menangani rekening bermasalah di berbagai instansi pemerintah dan lembaga negara. ”Salah satunya disampaikan soal rekening bermasalah. Jadi intinya bahwa BPK akan membentuk semacam tim internal BPK untuk menjadi counterpart kita dalam rangka menangani rekening bermasalah,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Depkeu Herry Purnomo seusai melakukan pertemuan tertutup dengan BPK di Jakarta,kemarin.

Dia menjelaskan, pembentukan tim tersebut merupakan sinergi penyelesaian masalah rekening liar antara Depkeu dan BPK.Dalam pertemuan itu juga dibahas perkembangan terakhir penertiban rekening liar oleh Depkeu. Dia menuturkan, penertiban rekening liar ini menunjukkan keseriusan pemerintah menindaklanjuti temuan BPK.

”Penanganan hasil temuan 2006, salah satunya disampaikan soal rekening bermasalah,”katanya. Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Depkeu Hekinus Manao menambahkan, adanya tim di BPK membuat komunikasi antara BPK dan Depkeu menjadi lebih cair.Dengan begitu, berbagai klarifikasi soal temuan rekening liar oleh BPK dan tindak lanjutnya lebih mudah disampaikan secara kelembagaan.

”Jadi mereka (BPK) tidak harus selalu mulai dari awal, timnya bisa turun juga ke kita untuk mengikuti perubahan dari waktu ke waktu. Selama ini terlalu formal,” katanya. Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah telah berupaya mengidentifikasi rekening pemerintah di bank-bank umum.

Depkeu akan menertibkan rekening-rekening tersebut. Dia menuturkan, berdasar laporan BPK,masih terdapat sekitar 5.241 rekening di sejumlah departemen, terdiri atas temuan selama 2004-2005 sebanyak 3.100 rekening dan tambahan temuan baru pada 2006 sebanyak 2.141 rekening.

Total nilai rekening hasil temuan BPK tersebut mencapai senilai Rp9,08 triliun dan sebesar Rp5,5 triliun di antaranya telah ditutup dan digunakan sebagai sumber pembiayaan APBN 2006. Untuk menertibkan rekening- rekening tersebut, pemerintah Juni lalu menerbitkan dua peraturan menteri keuangan (PMK), yakni PMK No 57/ PMK.05/2007 tentang Pengelolaan Rekening Milik Kementerian Negara/Lembaga/Kantor/ Satuan Kerja dan PMK No 58/ PMK.05/2007 tentang Penertiban Rekening Pemerintah pada K/L.

Dengan peraturan tersebut, Depkeu memberi batas waktu penyelesaian rekeningrekening tersebut selama enam bulan. Sementara khusus rekening di lingkungan Depkeu diberi tenggat tiga bulan.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: