Investor China Bidik Proyek Listrik Swasta

Sejumlah investor China tertarik menggarap sejumlah proyek listrik swasta (Independet Power Producer/IPP) di Indonesia.Pejabat Konsuler Ekonomi dan Perdagangan Kedubes Republik Rakyat China untuk Indonesia Fang Quichen di sela-sela acara peletakkan batu pertama (ground breaking) PLTU Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (10/9), mengatakan, sejauh ini, sudah ada 10 perusahaan China yang menyatakan ketertarikannya untuk ikut terlibat dalam konstruksi PLTU Sumatra Selatan berdaya 4X600 Megawatt (Mw) dengan total investasi sebesar US$600 juta.

“Salah satu dari perusahaan besar China yang akan terlibat dalam proyek ini adalah China Hua Dian Group,” ujar Fang.

Lebih lanjut, ia mengemukakan, sejumlah kreditur China, termasuk Chinese Development Banks, Chinese Construction Banks dan China Commercial and Industrial Banks, juga telah menyatakan keinginan mereka untuk ikut mendanai proyek pembangkit ini.

Menurut keterangan Fang, proyek IPP hasil garapan investor asal negerinya yang akan diselesaikan dalam waktu dekat adalah PLTU Cilacap 600 Mw dengan total investasi US$300 juta. Chengda Engineering adalah perusahaan China yang bertanggungjawab untuk proyek ini.

“Proyek lainnya yang saat ini dalam proses negosiasi adalah PLTU Bali 2X135 MW Bali dengan total investasi US$200 juta,” kata Fang.

Dalam proyek ini, Shanghai Chen akan bekerjasama dengan perusahaan lokal, Truba, untuk membangun pembangkit tersebut.

Bulan lalu, Chengda yang bekerjasama dengan perusaan lokal Bosowa sudah mulai membangun PLTUļ£°Jeneponto 200 Mw di Makasar, Sulawesi, dengan total investasi US$200 juta.

Sejauh ini, total investasi yang ditanamkan China dalam sektor listrik mencapai US$5 miliar. Salah satu peranan terbesar negeri gingseng itu dilakukan pada proyek 10.000 Mw, dimana Sinosure, telah menyatakan kesiapannya untuk meminjamkan 85% dana dari total kebutuhan proyek 10.000 Mw.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: