JICA Danai 90 Juta Yen Bagi Konsultan IKM

Japan International Cooperation Ageny (JICA) mendanai 90 juta yen untuk pelatihan para konsultan nasional. Langkah ini dilakukan untuk mendiagnosa kondisi industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia dengan cepat yang meliputi manajemen, keuangan, tenaga kerja, pemasaran dan teknologi.

“Dana untuk program pelatihan ini sekira 90 juta yen,” kata Deputy Resident Representative JICA Katayama Hiroyuki usai penutupan “Pelatihan Calon Konsultan Diagnosis IKM (Shindan-Shi)” di Jakarta, Selasa (11/9/2007).

Dia mengungkapkan, keberhasilan program ini tergantung dari pembinaan dan peran serta pemerintah. “Bagaimana pemerintah memfasilitasi mereka untuk membantu IKM. Karena nantinya mereka kan akan menganalisa kondisi keuangan, manajemen, dan persoalan IKM lainnya,” ujarnya.

Katayama mengatakan, keberadaan IKM di Indonesia cukup berperan dalam menopang kondisi perekonomian bangsa. Pasalnya, kata dia, sektor IKM melibatkan masyarakat hingga ke level bawah. “Untuk itu JICA merasa perlu berpartisipasi dalam upaya pengembangan IKM di Indonesia,” katanya.

Dia menambahkan, selain Indonesia program ini juga telah berlangsung di Jepang dan Thailand. Hasilnya, ujar dia, kemampuan para konsultan itu meningkat. Bahkan sudah banyak terlibat dalam mendiagnosa industri otomotif di negara tersebut.

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Departemen Perindustrian (Depperin) Sakir Widhianto mengatakan, pihaknya akan meningkatkan jumlah tenaga-tenaga penyuluh berkualitas di bidang perindustrian. Hal ini penting agar mereka mampu menganalisa permasalahan IKM secara cepat dengan solusi yang tepat.  “Sekarang kita sudah siap mengoperasionalkan pembinaan konsultan itu dengan IKM,” katanya.

Okezone

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: