Legislatif Didesak Rampungkan UU Partai Politik

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Andi Matalatta mendesak legislatif untuk segera merampungkan Undang-undang Partai Politik. Ini berkaitan dengan rentang waktu verifikasi partai calon peserta pemilihan umum 2009.

“Kalau waktu setahun untuk Departemen Hukum dan HAM (memverifikasi) rasanya cukup, yang saya khawatir di Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Andi usai melantik dua pejabat eselon II di Departemen Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (11/9).

Andi mengatakan Depkumham akan segera memverifikasi partai setelah Undang-undang Partai Politik disahkan. Jika Depkumham melakukan verifikasi sekarang, Andi khawatir Depkumham harus melakukan verifikasi ulang karena undang-undangnya berubah.

“Itu kan kerja dua kali, menghamburkan tenaga dan uang negara, padahal itu kan uang rakyat,” katanya.

Selain itu, masalah utama verifikasi yaitu besarnya dana yang diperlukan. Direktur Tata Negara pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Depkumham, Aidir Amin Daud mengatakan anggaran verifikasi sebesar Rp 32 miliar akan dimasukkan ke dalam anggaran 2008, itu pun jika undang-undang meminta Depkumham untuk melakukan verifikasi. Jumlah itu, menurut Aidir, tidak jauh beda dengan anggaran 2003 lalu, yaitu sebesar Rp 30 miliar.

Tempo Interaktif

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: