Pemerintah Belum Bersikap Soal Penolakan Perpu FTZ

Pemerintah belum mengambil sikap mengenai penolakan fraksi-fraksi di DPR terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Kawasan Perdagangan Bebas (Free Trade Zone/FTZ).Pemerintah masih menunggu sikap resmi dari DPR. Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa mengatakan bahwa pemerintah belum bisa berkomentar mengenai penolakan itu.

“Nantilah kita lihat seperti apa yang diinginkan DPR. Penolakan ini kan belum resmi disampaikan DPR ke pemerintah,” kata Hatta usai tiba di Jakarta dari Australia, Senin (10/9) malam.

Sebagai informasi, sedikitnya ada 4 fraksi yang menolak Perppu No. 1 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas yang diajukan pemerintah. Empat fraksi yang menolak adalah PDI Perjuangan, Kebangkitan Bangsa, Bintang Pelopor dan Partai Keadilan Sejahtera.

Mereka punya alasan bahwa kegentingan yang dijadikan dasar buat menerbitkan Perpu itu tidak kuat dan sesuai dengan UUD 1945.

Dalam pasal 22 UUD 1945 disebutkan (1) dalam hal ihwal kegentingan yang memaksa, presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang. (2) Peraturan pemerintah itu harus mendapat persetujuan DPR dalam persidangan berikutnya. (3) Jika tidak mendapat persetujuan, maka peraturan pemerintah itu harus dicabut.

Adapun batas waktu untuk pengesahan PErpu itu menjadi UU adalah tanggal 1o September 2007 bila ternyata usulan itu ditolak DPR otomatis Perpu itu tidak dapat berlaku sebagai Undang-Undang.

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan bahwa pemerintah berharap bahwa DPR tetap bisa meloloskan Perpu menjadi UU.

Sebab pemerintah menilai bahwa pemberian status FTZ bagi tiga kawaasan di Batam, Bintan dan Karimum bisa menggerakkan perekonomian dan mengurangi pengangguran.

“Sebenarnya ini yang dilihat pemerintah makanya cepat mengambil langkah keluarkan PErpu. Tapi ini nanti biarlah dibicarakan lagi bersama DPR,” ujarnya.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: