RI-China Siapkan MoU Food Safety

Pemerintah akan menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) mengenai keamanan produk makanan (food safety) dengan China, Oktober mendatang.MoU ini ditujukan untuk menyelesaikan persoalan yang sempat mengganggu hubungan dagang dua negara. ”Rencana MoU ini merupakan hasil pertemuan tim interdepartemen dengan AQSIQ (administration quality supervition inspection and quarantine) China pada 6-7 September lalu,” jelas staf khusus Menteri Perdagangan Halida Miljani di Jakarta,kemarin.

Dia menjelaskan, pertemuan interdepartemen yang diikuti Departemen Kelautan dan Perikanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan,Departemen Perindustrian, dan Departemen Perdagangan,dan pihak China berjalan cukup baik. Halida menegaskan, ada komitmen yang kuat untuk melindungi konsumen di masing- masing negara.

Untuk itu, berdasarkan hasil pertemuan,kedua negara sepakat membentuk mekanisme penyelesaian isu food safety secara bilateral dan dituangkan dalam suatu nota kesepahaman yang antara lain menyebut pertukaran informasi, tenaga ahli,capacity building, proses notifikasi, dan kriteria sesuai aturan internasional.

”Sebelum kita berangkat, hanya terjadi miskomunikasi tentang otoritas yang berhak memberikan sertifikat produk bermasalah dan kita sudah minta mereka mencabut pelarangan ekspor,”tambahnya Setelah diberi penjelasan, pihak China akhirnya mau menghormati kebijakan Indonesia yang mengeluarkan peringatan publik dalam rangka perlindungan konsumen sesuai aturan nasional dan internasional.

”Kita secara resmi tidak pernah melarang impor, tetapi hanya public warning agar produk berbahaya dari China ditarik dari pasaran.BPOM tidak bersalah mengeluarkan itu karena untuk melindungi konsumen dalam negeri,” ungkapnya. Dari pertemuan pekan lalu,akhirnya dua negara sepakat untuk mencari mekanisme jangka panjang dalam rangka membentuk kerangka kerja.

Di hubungi terpisah, Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Martani Husaeni mengatakan bahwa persoalan mengenai produk perikanan Indonesia sudah menghasilkan sinyal yang positif.

”Tim dari China akan datang untuk memberikan bantuan teknis mengenai perbaikan mutu produk,” jelasnya. Setelah terjadi perbaikan di bidang mutu produk,lanjut dia, pihak China menjanjikan akan segera mencabut larangan ekspor produk perikanan asal Indonesia.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: