RI Perluas Kerja Sama Multilateral Swap

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan memperkuat kerja sama multilateral swap agreement (MSA) dengan negara-negara lain.Kerja sama ini akan memperkuat perekonomian Indonesia, khususnya ketika terjadi krisis keuangan. Sebelumnya, Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan negara-negara ASEAN, Jepang, Korea Selatan, dan China. Selain itu dengan Australia, Selandia Baru, dan India.

”Pada kerja sama ini, misalnya, (jika) terjadi krisis finansial sudah lebih siap. Sebab, sudah dibicarakan sebelumnya tentang bentuk multilateralisasi dari berbagai kerja sama yang dilakukan,” ujar dia seusai pertemuan East Asia Summit (EAS) bertemakan ”Regional Financial Cooperation and Integration Workshop” di Jakarta, kemarin.

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan, modal perbankan dapat dikerjasamakan dalam konteks East Asia Summit untuk mendorong seluruh aktivitas ekonomi. Hal ini merupakan tindak lanjut dari ASEAN finance minister meeting atau central bank minister meeting dan pertemuan ASEAN+3 beberapa waktu lalu.

Dalam kerja sama ini, menurut Menkeu, akan dibentuk model pengumpulan pendanaan seperti yang dilakukan Dana Moneter Internasional (IMF). Dana tersebut digunakan untuk menanggulangi jika ada krisis ekonomi yang terjadi pada negara-negara yang tergabung di dalamnya. ”Jika di IMF, seperti yang sudah diketahui, dana dikumpulkan dalam bentuk urunan atau kontribusi dari 184 negara. Nah, bagaimana cara menarik dan menggunakannya akan dibicarakan lebih lanjut.

Sementara dalam ASEAN+3 ada kesepakatan seperti itu dan tampaknya akan dirintis,” papar dia. Menkeu menambahkan, di dalam pertemuan ini bentuk kerja sama masih akan dikaji lagi. Pemerintah masih melihat dampak dari bentuk multilateralisasi agar lebih efektif.

”Hal terpenting kerja sama yang dilakukan tidak akan menambah beban negara anggota dan sesuai dengan kebutuhan setiap anggota,” katanya. Di tempat terpisah, Kepala Ekonom BNI Tony Prasetyantono mengatakan, untuk membuktikan efektivitas kerja sama tersebut, pemerintah harus melakukan serangkaian uji coba. ”Kerja sama ini perlu diperluas cakupannya. Semakin banyak negara yang diajak dan semakin luas cakupannya, dampaknya akan semakin baik,” papar dia.

Di sisi lain, Menkeu mengatakan, semakin terintegrasinya pasar keuangan suatu negara berkembang ke dalam suatu kawasan akan membantu meningkatkan angka pertumbuhan ekonominya.

“Karena integrasi keuangan mengurangi biaya modal, mendukung transfer teknologi, mendukung perkembangan lebih lanjut dari pasar finansial domestik, memperbaiki pembuatan kebijakan makro ekonomi, dan menguatkan institusi,” katanya. Dia menambahkan, pasar keuangan yang bekerja dengan baik akan membuat kontribusi yang penting untuk pertumbuhan ekonomi.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

6 Responses to RI Perluas Kerja Sama Multilateral Swap

  1. L.yuLa.cHan says:

    makasih udah ada tentang artikel atau informasi kerjasama internasional ini. karena, saya dapat mengerjakan tugas saya dengan lebih mudah.
    semoga indonesia memiliki SDM yang betanggung jawab. karena kata ” bertanggung jawab” ini menyakup apapun.

    – smpn 1 maLang-

  2. Domo, Terimakasih juga sudah buat blog ini sebagai referensi.

  3. nury sari says:

    terima kasih atas artikel ini saya bisa mengerjakan tentang tugas analisis hubungan internasional

  4. viyonaaaaa says:

    makasih karena artikel ini tugas saya terpenuhi hidup Indonesia semoga semakin maju

  5. yan seran says:

    trimakasih atas artikel ini. ini sebagai sumber refrensi untuk mengerjakan tugas bisnis saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: