Selera Indonesia di Bulan Ramadan

SANDWICH PISANG ISI KEJU, TAKJIL di bulan Ramadhan menjadi menu wajib hidangan buka puasa.Tak ketinggalan, restoran di hotel berbintang pun menyajikannya.Salah satunya ditawarkan The Gallery Restaurant Hotel Ciputra. Agak berbeda dengan hari biasa,restoran ini mengisi meja prasmanan (buffet) mereka dengan aneka hidangan yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Salah satunya takjil yang menyajikan cita rasa manis.

”Sengaja kami sajikan menu buka puasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia karena kebanyakan orang yang datang juga orangorang Indonesia,” kata Executive Chef The Gallery Res- Dijataurant Sugiyanto. Untuk takjil, hotel yang menyatu dengan Mal Ciputra ini menyajikan aneka panganan manis seperti kolak, bubur, es kelapa muda, es belewah, bubur ketan hitam, dan bubur sumsum.

”Takjil ini akan dirotasi terus selama satu minggu. Semua ada di paket Ramadan,” ujar Chef Sugiyanto. Sebagai menu unggulan, dipilih aneka hidangan seafood. Pilihan tersebut menurut Chef Sugiyanto, dengan pertimbangan banyaknya pengunjung yang berminat de- ngan hidangan laut.

”Biasanya kalau ada menu seafood, cenderung lebih cepat habis dibandingkan dengan menu yang lain,”ungkapnya. Menu yang spesial yang akan disajikan antara lain king prawn with balado sauce. Udang galah sebagai bahan utama digoreng sebentar untuk mempertahankan cita rasa udang asli.

Pertama kali digigit, akan terasa kerenyahan dan kegurihan udang segar.Saus balado yang membalutnya merupakan kombinasi cita rasa pedas, asam, dan manis yang menawarkan perpaduan yang pas di lidah. Hidangan ini merupakan hasil kreasi chef yang me-madukan berbagai unsur. Chef Sugiyanto menamakannya king prawn style Indonesia. Merupakan kombinasi balado dari Manado yang masuk ke Asian style, yakni bahan udang yang digunakannya.

”Pertama kali melihat penampilannya seperti pedas, tapi sebenarnya tidak. Ini merupakan paduan dari rasa pedas, manis, asam,” sebut Chef Sugiyanto. Untuk menghilangkan aroma amis, chef yang berpengalaman di dunia kuliner ini memberi tips. Cuci bahan seafood yang akan dimasak dengan sagu, kemudian bilas dengan air dan tiriskan. Dijataurant min, aroma yang kurang enak bakal hilang.

Sajian lainnya yang layak Anda coba adalah grill stuffing squid with turmeric sauce and vegetable. Kreasi baru dari Chef Sugiyanto ini unik dan cocok untuk hidangan berbuka puasa. Aroma bakaran dari cumi-cumi panggang, tercium ketika Anda menikmatinya. Untuk isian cumi-cumi, pengunjung dapat memilih antara udang atau ikan.

”Ini merupakan kreasi baru dan Oriental. Sausnya kami pakai bumbu gulai yang berasal dari Indonesia, tapi stuffing-nya Asia. Jadi, dikombinasikan supaya masuk ke bulan puasa. Sebenarnya ini bumbu gulai, tapi paketnya dalam bentuk Asia,” ungkap Chef Sugiyanto.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: