Transaksi Lagu Digital Naik 100%

Sebanyak 2.030 grup musik Indonesia yang mematenkan sekitar 10.000 lagu ke dalam portal independent music portal (inport),mulai menikmati royalti sejak enam bulan lalu dengan menggunakan penyalur lagu digital.Melalui portal www.importmusik.com,musisi yang telah mematenkan karya mereka bisa melakukan transaksi langsung dengan semua operator seluler atau telco, sebagai penyedia layanan ringing back tone(RBT).Transaksi upload lagu untuk RBT melalui dunia maya ini meningkat hingga 100%, dengan total transaksi mencapai Rp500 juta/bulan. Chief Executive Officer (CEO) Import Anang Hermansyah mengatakan, dibandingkan bisnis RBT yang melibatkan telco dan label record, nilai ini masih jauh.

Namun, melalui situs tersebut, grup musik atau pencipta lagu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar karena bisa menjual langsung kepada telco. ”Kami optimistis sistem ini akan semakin besar karena musisinya bisa menjadi bos sendiri. Selama ini, mereka hanya sebagai mitra yang mendapat keuntungan dari royalti copy rightnya,” ujar Anang kepada wartawan dalam ”Workshop Multiply Your Music bersama Intel Corporation” di Kafe Score Ci-hampelas Walk (Ciwalk), Jalan Cihampelas, Minggu (9/9) malam. Dia mengatakan, sejak beberapa bulan lalu Import telah menandatangani MoU dengan seluruh operator seluler yang ada, seperti Indosat,Telkomsel, XL, Esia,dan Fren,dalam pembelian lagu RBT melalui situs tersebut.

”Harga lagu untuk RBT yang diuploadsetiap telco Rp5.000/lagu. Dari nilai itu, 50% disepakati untuk telco. Sisanya, 50% dibagi dua untuk musisi dan pihak Import, masing-masing 25%,” jelas suami Krisdayanti ini. Project Manager Import Bongky Ismail menambahkan, di Indonesia saat ini terdapat sekitar 70 juta pemakai internet. Namun, hanya 5 juta yang digolongkan sebagai pemakai rutin. ”Dengan sendirinya, ini peluang besar bagi musisi Indonesia yang ingin menjual karyanya secara langsung melalui situs ini,”ujar Bongky.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

2 Responses to Transaksi Lagu Digital Naik 1002

  1. Julius says:

    thx bwat infonya nih…
    tapi boleh taw prosedur dan bisnisnya (kerjasamanya) untuk masukin lagu sendiri jadi RBT..kbetulan saya punya band dan sudah punya lagu sendiri..

    thx ya
    reply plz

  2. Imamora says:

    Aq tertaril dg artikel tsb.Tp gmn caranya n prosedur utk masukin lagu sendiri jd RBT ? Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: