Ekspor LNG ke Jepang diperpanjang 10 tahun

Ekspor LNG ke Jepang diperpanjang 10 tahun

Pemerintah Indonesia memberikan komitmen perpanjangan ekspor LNG ke Jepang sebanyak 25 juta ton selama 10 tahun.

Wakil Dirut Pertamina Iin Arifin Takhyan Senin (22/10) mengungkapkan Ekspor LNG sebanyak 25 juta ton terdiri dari 3 juta ton per tahun selama 5 tahun pertama. Lalu pada 5 tahun berikutnya diturunkan menjadi 2 juta ton.

Menurut Iin, Jepang meminta gas sebanyak 12 juta ton per tahun untuk mencukupi kebutuhan industrinya. Namun karena kebutuhan di dalam negeri Indonesia juga mendesak, ekspor gas hanya 3 juta ton per tahun.

Sedangkan untuk masalah harga, Iin mengakui sampai saat ini belum ada kesepakatan. Namun bila harga sudah disepakati pada akhir tahun, maka akan digunakan selama 10 tahun kontrak ekspor.

Pemulihan persediaan usai lebaran, Pertamina tambah impor BBM

Pertamina berencana menambah impor BBM untuk bulan November menjadi 11,5-11,6 juta barel untuk pemulihan persediaan usai lebaran.

Deputi Direktur Pemasaran Pertamina Hanung Budya Senin (22/10) mengungkapkan penambahan impor dilakukan untuk memulihkan stok BBM setelah banyak penggunaan di masa lebaran.

Menurut Hanung, penambahan impor dilakukan untuk BBM seperti solar, premium dan avtur kecuali minyak tanah.

Penambahan persediaan dilakukan karena ketiga jenis BBM yang paling banyak dikonsumsi pada masa lebaran kemarin.

Harga BBM Industri November naik Rp200 per liter

PT Pertamina (Persero) akan menaikkan harga bahan bakar minyak industri untuk November rata-rata Rp200 per liter.

Direktur Utama Pertamina Ari Soemarno Senin (22/10), mengatakan Kenaikan ini tidak dapat dihindarkan lagi seiring dengan terus melonjaknya harga minyak dunia.

Kenaikan harga berlaku untuk semua jenis BBM, termasuk Premium, Solar, Minyak tanah dan Pertamax.

Dengan demikian, maka harga BBM non subsidi jenis Premium menjadi Rp6.381,25 di wilayah 1, Rp6.515,80 di wilayah 2, dan Rp6.650,35 di wilayah 3. Harga Minyak tanah di wilayah 1 menjadi Rp6.835,20, wilayah 2 sebesar Rp6.979,30 dan wilayah 3 sebesar Rp7.123,40.

Minyak Diesel di wilayah 1 Rp6.657, wilayah 2 Rp6.797,80 dan Rp6.936,40 di wilayah 3. Minyak Bakar di wilayah 1 Rp4.689,10, wilayah 2 Rp4.787 dan wilayah 3 Rp4.884,90.

Pertamina Gandeng Islandia Garap Geothermal

Pertamina Geothermal Energy bersama Perusahaan asal Islandia, Reykjavik Energy akan melakukan  kerjasama pengkajian panas bumi (geothermal) di Indonesia.

Joint Study Agreement (JSA) antara keduanya akan di tandatangani Selasa (23/10) di kantor Departemen ESDM.

Direktur Hulu Pertamina Sukusen Sumarinda, Senin (22/10) mengungkapkan penandatangan kali ini merupakan kelanjutan MoU yang sudah diteken pada 11 September 2007.

Menurut Sukusen, hingga saat ini belum diputuskan dana investasi maupun besarnya kepemilikan saham antara Pertamina dan Reykjavik.

Indonesia memiliki potensi panas bumi sekitar 40% dan diperkirakan dapat memasok kebutuhan listrik sebesar 27.000 MW.

Sementara Islandia, berpengalaman dalam pengolahan geothermal dan sebesar 54% kebutuhan listrik dipasok dari tenaga panas bumi.

Insiden Garuda di Yogya akibat pilot abaikan prosedur

Faktor manusia menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan pesawat Garuda GA200 tujuan Jakarta-Yogyakarta pada Bulan Maret yang menewaskan 20 penumpang dan seorang awak.

Pilot dan kopilot dipastikan mengabaikan prosedur penerbangan saat melakukan pendaratan.

hasil penelitian tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Departemen Perhubungan yang menyimpulkan awak pesawat tidak menerapkan prosedur terbang yang menjamin keselamatan operasi.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi, Senin (22/10) mengungkapkan berdasarkan hasil investigasi KNKT, pada saat approach dan mendarat, pesawat diterbangkan dengan kecepatan yang berlebihan dan sudut terbang yang tajam

Menurut Tatang, kecepatan pesawat relatif terhadap daratan pada saat itu 235 knots. Pesawat kemudian menyentuh landasan pacu dengan kecepatan 221 knots atau 87 knots lebih cepat dari kecepatan pendaratan yang seharusnya untuk posisi 40 derajat.

Tatang melanjutkan, kondisi pendaratan itu menyebabkan approach tidak stabil. Seharusnya, pada situasi itu pilot segera membatalkan pendaratan dan melakukan go around. Namun kenyataannya, pilot mengabaikan peringatan dan perintah dari alarm GPWS (ground proximity warning system) yang ketika itu mulai berbunyi.

Akibat kesalahan pilot, dalam beberapa detik, pesawat meluncur melewati ujung landasan pacu dengan kecepatan 110 knots. Pesawat kemudian melintasi jalan dan menabrak tanggul sebelum berhenti di sawah, 225 meter dari ujung landas pacu 27.

Selain kesalahan pilot dan kopilot, KNKT mencatat kekurangan lainnya yakni mobil pemadam kebakaran dan Rescue Bandara Yogyakarta tidak dapat mencapai lokasi kecelakaan dan sebagian mobil pemadam tidak memiliki bahan pemadam api yang cocok. Hal itu menyebabkan tidak efektifnya pertolongan terhadap korban.

Menanggapi laporan yang dikeluarkan KNKT, pihak manajemen Garuda Indonesia mengakui pilotnya melakukan kesalahan yang membahayakan keselamatan penerbangan.

Direktur Operasi Garuda Indonesia Ari Sapari menjelaskan hasil investigasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transpotasi (KNKT) hampir sama dengan hasil investigasi internal Garuda.

Namun Garuda akan mempelajari lebih lanjut apakah kesalahan yang dilakukan pilot mengandung unsur kesengajaan atau kealpaan semata.

Ari mengungkapkan, jika pilot Marwoto Komar dan copilot Gagan Rohmana terbukti lalai, Garuda akan mengambil tindakan memberikan sanksi. Saat ini kedua pilot masih dirumahkan.

Demokrat buka pintu koalisi untuk PDIP     
   
Partai Demokrat menyambut baik silaturahmi antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufik Kiemas saat halal bihalal bersama warga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Minggu (21/10).

Ketua Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan Senin (22/10) mengungkapkan pertemuan itu menandakan kalau secara personal keduanya tak ada masalah, hanya event-nya aja yang nggak pernah klop.

Ketika dimintai komentar mengenai akankah silaturahmi Lebaran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 21 Oktober berlanjut ke silaturahmi politik.

Syarief mengungkapkan, partai Demokrat akan selalu terbuka dan tak menutup kemungkinan terjalinnya hubungan politik dengan PDIP, namun semuanya tergantung kondisi dan bargaining.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: