Menteri LH 34 Negara samakan persepsi hadapi konferensi perubahan iklim

unfccc.jpg

]Menteri LH 34 Negara samakan persepsi hadapi konferensi perubahan iklim
]Pipa Gas Grissik – Pagardewa mulai beroperasi
]Bentoel Terbitkan obligasi Rp1,35 triliun
]Laba bersih Danamon kuartal III meningkat 75%
]SPBU Shell akan naikkan harga BBM
]Pembiayaan Ekspor Syariah Pertama di Indonesia Diluncurkan

]Menteri LH 34 negara samakan persepsi hadapi konferensi perubahan iklim

Menteri LH dari 34 Negara yang hadir dalam pertemuan informal tingkat menteri di Istana Bogor, Jawa Barat, berhasil menyamakan persepsi untuk menjamin pertemuan puncak di Bali pada Desember 2007 akan menjadi terobosan komunitas internasional untuk mengatasi perubahan iklim.

Sekjen United Nations Framework Convention Climate Change (UNFCCC) Yvo de Boer Kamis (25/10/2007) mengungkapkan delegasi yang hadir dalam pertemuan Bogor sepakat untuk membangun kerjasama yang baru setelah Protokol Kyoto berakhir pada 2012 dan perhatian khusus akan diberikan pada pada isu deforestasi dan degradasi hutan.

Menurut Yvo, pertemuan yang berlangsung sejak Rabu 24 Oktober berhasil menyepakati beberapa hal antara lain kerjasama yang sudah ada dalam UNFCCC dan Protokol Kyoto dilanjutkan dan untuk negara yang termasuk dalam Annex I (penandatangan Protokol Kyoto) tetap menjadi pemandu bagi yang lain.

Selain itu, ada konsensus untuk membuat Bali road map yang akan menjadi kerangka kerja multilateral yang komprehensif.

Rencananya, hasil dari Bali Roadmap akan dibawa ke pertemuan lanjutan di Polandia pada 2008 dan di Denmark pada 2009. Nantinya, hasil final pada 2009 akan dijadikan patokan pasca Protokol Kyoto.

]Pipa Gas Grissik – Pagardewa mulai beroperasi

PT Perusahaan Gas Negara (PGN), mulai kamis (25/10), secara resmi mengoperasikan pipa gas bumi Grissik – Pagardewa.

Menurut Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil, Pipa gas dengan panjang 196 kilometer merupakan bagian dari jaringan pipa gas South Sumatera West Java (SSWJ) sepanjang 1.116 kilometer dan akan mengalirkan gas dari sumber gas milik ConocoPhilips ke Muara Bekasi sebanyak 175 juta kaki kubik (MMSFCD).

Sofyan Djalil mengungkapkan selesainya pipa gas SSWJ akan mendorong industri di kawasan Banten dan Jabotabek melakukan pengurangan pemakaian BBM.

]Bentoel terbitkan obligasi Rp1,35 triliun

PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) akan menerbitkan obligasi tanpa jaminan senilai Rp1,35 triliun, tingkat bunga maksimal 11% dan berjangka waktu 5 tahun dan akan jatuh tempo pada 2012.

Presiden Direktur Bentoel, Nicolas Tirtadinata, Kamis (25/10) mengungkapkan dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk pelunasan utang dan modal kerja perseroan serta anak usaha.

Menurut Nicholas, penerbitan obligasi merupakan pilihan terbaik untuk memperoleh dana segar dengan suku bunga lebih rendah dibanding sumber pendanaan lainnya.

Untuk penerbotan obligasi ini, Bentoel menunjuk empat penjamin emisi yakni PT Standard Chartered Securities Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia dan PT CIMB-GK Securities Indonesia. Bertindak sebagai wali amanat PT Bank Niaga Tbk.

Obligasi akan dicatatkan di Bursa Efek Surabaya (BES) pada 28 November 2007. Masa penawaran awal dilakukan 25 Oktober sampai 5 November.

]Laba bersih Danamon kuartal III meningkat 75%

Bank Danamon membukukan laba bersih setelah pajak senilai Rp1,6 triliun di kuartal III 2007 atau naik 75% dibanding periode yang sama pada 2006 sebesar Rp914 miliar.

Presiden Direktur Bank Danamon Sebastian Paredes, Kamis (25/10) menyatakan kenaikan laba bersih dikarenakan peningkatan laba operasional seiring dengan peningkatan kredit dan penurunan beban bunga.

Menurut Paredes, peningkatan laba bersih juga disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan kredit year-on-year sebesar 22% mencapai Rp50,153 triliun, dari tahun sebelumnya Rp40,962.

Berdasarkan data Bank Danamon, total kredit tahun 2007, 17% berupa kredit korporasi, 13% kredit komersial, 35% untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sisanya ritel dan konsumsi.

Pada 2007, penyaluran kredit UMKM meningkat 34% menjadi Rp17,906 triliun. Sementara, 25% kredit diperoleh dari personal loan dan kredit perumahan. Sementara, pembiayaan syariah tumbuh pesat 112% Selain itu, kredit komersial juga meningkat 23% dibandingkan tahun lalu menjadi Rp6,312 triliun.

]SPBU Shell akan naikkan harga BBM

PT Shell Indonesia akan menaikkan harga BBM retail sesuai dengan harga mid oil of Platts Singapore.

Manager Komunikasi Shell Indonesia Fathia Syarif Kamis (25/10) mengatakan BBM yang didistribusikan Shell seluruhnya dilepas dengan harga keekonomian, maka setiap periode tertentu Shell melakukan evaluasi untuk penyesuaian harga BBM.

Per 16 September, BBM Shell dilepas masing-masing dengan harga Rp5.450/liter (Shell Super), Rp5.850/liter (Shell Super Extra), dan Rp6.150/liter (Shell Diesel).

Saat ini, Shell mengoperasikan 18 SPBU di sekitar Jabodetabek dan rencananya akan menambah dua SPBU pada akhir tahun.

Sedangkan untuk jangka panjang, Shell akan membangun SPBU hingga 400 unit, dengan catatan Pemerintah Indonesia serius melakukan deregulasi sektor hilir migas.

]Pembiayaan ekspor syariah pertama di Indonesia diluncurkan

PT Bank Ekspor Indonesia (BEI) meluncurkan BEI Islamic Banking, Unit Usaha Syariah yang fokus kepada pembiayaan perdagangan (trade financing).

saat ini di indonesia, pembiayaan syariah kebanyakan untuk consumer, jadi kami ingin fokus ke trade financing, dan juga berpartisipasi untuk memperbesar market share syariah yang saat ini masih 1,9 persen

Direktur Utama BEI Arifin Indra Kamis (25/10) mengungkapkan saat ini di Indonesia, pembiayaan syariah kebanyakan untuk consumer dan BEI ingin fokus ke trade financing dengan harapan ekspor di Indonesia dapat terdorong menjadi besar.

Menurut Arifin, BEI Islamic Banking akan membidik sektor-sektor seperti pertambangan, minyak dan gas, kimia, transportasi dan industri.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: