Enam pesawat Garuda mulai beroperasi

]Enam pesawat Garuda mulai beroperasi
]Perdebatan pilpres 2009 tidak ganggu agenda pemerintah
]Kalla tetap umumkan pencalonan pada april 2009
]Kejagung kesulitan usut aset Soeharto
]BBM Industri akan naik, harga produk komponen manufaktur naik 17%     
]PE naik 10%, HPE CPO jadi US$ 784/MT
]Perusahaan AS tumpahkan uneg-uneg soal investasi di RI

]Enam pesawat Garuda mulai beroperasi

Pihak Garuda Indonesia menyatakan sudah menyelesaikan seluruh proses administrasi dan dokumentasi kepabeanan enam pesawat yang disegel pihak bea cukai Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Humas Garuda Pujobroto, Kamis (25/10) menjelaskan, petugas bea cukai sudah melakukan pemeriksaan empat pesawat pada hari Kamis (25/10). Sedangkan sehari sebelumnya dua pesawat sudah diperiksa dan dicabut segelnya.

Pujo menambahkan, empat pesawat dilepas Kamis malam sekitar pukul delapan.

Menurut Pujo, mulai Jumat (26/10), keenam pesawat mulai digunakan untuk penerbangan komersial Garuda Indonesia antara lain GA-110, Jakarta-Palembang, GA-182 Jakarta-Medan, GA-304 Jakarta-Surabaya dan GA-184 Jakarta-Medan.

]Perdebatan pilpres 2009 tidak ganggu agenda pemerintah

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis (25/10) mengatakan perdebatan mengenai Pemilihan Presiden (pilpres) 2009 tidak akan mengganggu agenda utama pemerintah untuk memajukan perekonomian dan kondisi politik.

Menurut Presiden Yudhoyono, untuk bidang ekonomi, pemerintah akan tetap melanjutkan upaya untuk menarik lebih banyak investasi baik asing maupun dalam negeri dengan menerapkan sejumlah kebijakan ekonomi yang mendukung perbaikan iklim investasi seperti Undang-Undang Penanaman Modal, Undang-Undang Kepabeanan dan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus.

Untuk bidang politik, Presiden Yudhoyono menggarisbawahi keberhasilan pemerintah untuk meletakkan dasar-dasar demokrasi di tataran akar rumput dengan suksesnya pemilihan kepala daerah di seluruh Indonesia.

Presiden juga berjanji akan terus menggalakkan gerakan anti korupsi untuk menjaga kepercayaan publik.

]Kalla tetap umumkan pencalonan pada april 2009

Jusuf Kalla. Ketua Umum Partai Golkar, Kamis (25/10) menegaskan akan tetap mengumumkan maju atau tidak sebagai capres atau cawapres pada April 2009 atau tiga bulan sebelum Pilpres.

Menurut Kalla, yang juga menjabat Wakil Presiden, kampanye yang terlalu lama atau jauh-jauh hari sebelum Pilpres merupakan tindakan tidak efektif. Seorang calon justru akan kelelahan begitu masuk kampanye sesungguhnya.

Kalla mencontohkan pada tahun 2004, hampir semua pasangan mengumumkan maju dalam Pilpres, tiga atau dua bulan sebelum Pilpres berlangsung.

Ia mengatakan, jika kampanye dilakukan dua tahun sebelum Pilpres juga akan membuat sistem perpolitikan akan ruwet.

Lebih lanjut Kalla menyatakan bagi calon incumbent seperti dia, kampanye yang paling efektif adalah menunjukkan bukti keberhasilannya memimpin bangsa.

]Kejagung kesulitan usut aset Soeharto

Meskipun data Transparency International menyebutkan mantan Presiden Soeharto berada pada peringkat pertama pemimpin yang mencuri aset negara, Kejaksaan Agung dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan mengakui sulit mengejar aset Soeharto.

Direktur Perdata pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung Yosef Suardi Sabda Kamis (25/10) mengungkapkan kesulitan yang dihadapi Kejaksaan Agung untuk menindaklanjuti data TI karena Bank Dunia maupun TI tidak memiliki data rinci di mana kekayaan itu disimpan oleh Soeharto.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Transparansi Internasional, informasi tentang mantan Presiden Soeharto hanya disebutkan satu baris, padahal untuk melacak aset paling tidak diperlukan informasi yang spesifik mengenai kapan waktunya dan bank apa yang dipakai untuk transaksi

]BBM Industri akan naik, harga produk komponen manufaktur naik 17%     

Kalangan pelaku industri mesin dan logam memprediksi produk pengolahan mesin dan logam seperti komponen manufaktur naik sebesar 17 persen yang merupakan respon atas rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) industri sebesar Rp200 per liter, pada bulan November.

Ketua Umum Gabungan Asosiasi Pengerjaan Mesin dan Logam (Gamma) A Safiun, Kamis (25/10) mengungkapkan kenaikan sebesar 17 persen disebabkan  borosnya penggunaan energi pada mesin-mesin industri dalam negeri yang sudah tergolong tua dan buruknya dengan tingkat ketelitian mesin-mesin dalam negeri.dibandingkan negara-negara maju seperti Jepang,
 
Menurut Safiun, selain berpengaruh terhadap harga jual produk komponen manufaktur, kenaikan BBM industri akan berdampak signifikan terhadap penurunan daya saing industri dalam negeri di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Safiun menambahkan, besarnya biaya energi dalam struktur biaya produksi pada industri mesin dan logam dapat mencapai 12 – 15 persen. Namun itu belum  mencakup biaya transportasi yang diperkirakan akan naik 5 – 10 persen.

]PE naik 10%, HPE CPO jadi US$ 784/MT

Tarif pungutan ekspor minyak sawit mentah per 1 November 2007 secara otomatis naik dari 7,5 persen menjadi 10 persen. Hal ini disebabkan kenaikan harga rata-rata minyak sawit mentah sebulan terakhir di Rotterdam yang dijadikan acuan sudah mencapai 854 dollar AS per ton.

Untuk perhitungan harga patokan ekspor (HPE) besaran ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan nomor 45/M-DAG/PER/10/2007 tentang penetapan harga patokan ekspor (HPE) atas barang ekspor tertentu yang dikeluarkan pada 25 Oktober 2007.

HPE untuk buah dan kernel kelapa sawit menjadi US$ 420. Crude Palm Oil (CPO) dari US$ 760 menjadi US$ 784. Crude Olein dari US$ 763 menjadi US$ 814. Crude Stearin dari US$ 703 menjadi US$ 755. Crude Palm Kernel Oil dari US$ 847 menjadi US$ 897. Crude Kernel Stearin dari US$ 864 menjadi US$ 877.

Untuk Crude Kernel Olein dari US$ 870 menjadi US$ 887, RBD Palm Olein dari US$ 770 menjadi US$ 824. RBD Palm Kernel Olein dari US$ 894 menjadi US$ 953, RBD Palm Kernel Stearin dari US$ 959 menjadi US$ 1196, RBD Palm Stearin dari US$ 713 menjadi US$ 765, RBD Palm Kernel Oil dari US$ 884 menjadi US$ 925 dan RBD Palm Oil dari US$ 765 menjadi US$ 765.

]Perusahaan AS tumpahkan uneg-uneg soal investasi di RI

Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Jumat (26/10) bertemu dengan perwakilan 16 perusahaan asal AS yang menyampaikan minat dan keluhannya selama berinvestasi di Indonesia.

Ke-16 perusahan antara lain Caterpillar Inc, USABC, Freeport McMoran Copper and Gold, APCO Worldwide, Chevron, Coca Cola Company, ConocoPhilips, Ford Motor Company, General Electric Company, The Hills Company, Island Power, JHPIEGO, Marathon Oil Company, McDermot International, Oracle Corporation dan UPS.

Menurut Fahmi sebagian besar perusahaan yang ditemuinya mengeluhkan kebijakan fiskal di Indonesia yang kurang kompetitif.

Sebagai contoh, Ford mengeluhkan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) otomotif yang tinggi sehingga membuat harga jual produknya lebih mahal, sedangkan GE menyoroti PPnBM elektronik.

Menurut Fahmi, PPnBM Indonesia dianggap sebagai satu faktor biaya yang cukup besar bagi industri otomotif, elektronik dan industri lainnya.

Fahmi mengakui bahwa isu PPnBM, terus dipermasalahkan oleh berbagai sektor industri. Untuk itu, depperin sudah melakukan negosiasi dengan depkeu agar PPnBM diturunkan yang pembahasannya sudah setahun ini.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: