Emil Salim, energi biofuel seharusnya prioritas terendah

]Emil Salim, energi biofuel seharusnya prioritas terendah
]Tarif BM sejumlah produk jadi 45%
]9,5 Juta keluarga Indonesia belum punya rumah
]RI Presiden DK PBB November
]Akitvitas Anak Gunung Krakatau makin meningkat
]Peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda
]Roof garden di Jakarta Pusat, solusi untuk mengatasi ruang terbuka hijau

]Emil Salim, energi biofuel seharusnya prioritas terendah

Pakar lingkungan hidup, Emil Salim Jumat (26/10) mengatakan, energi biofuel seharusnya menjadi prioritas terendah setelah seluruh alternatif sumber energi lainnya seperti panas matahari, angin, dan sungai diberdayakan.

Menurut Emil Salim, energi biofuel berasal dari “palm oil” sehingga membutuhkan banyak lahan untuk menanam pohon kelapa sawit. Hal itu, tentu kontradiktif dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang luas lahannya relatif lebih sedikit dibandingkan luas lautan.

Masalah lainnya, tidak sedikit pohon kelapa sawit yang ada tidak ditanam di tanah yang terdegradasi tetapi pada daerah hutan.

]Tarif BM sejumlah produk jadi 45%

Pemerintah menaikkan tarif bea masuk (BM) sejumlah produk impor dari sebelumnya 20% menjadi 45%.

Kepala Biro Humas Departemen Keuangan (depkeu), Samsuar Said, Jumat (26/10) menyatakan, produk-produk yang berubah tarif BM-nya adalah bahan baku amplas, bahan baku wire roods, PC steel strands, aluminium foil, dan beberapa jenis komponen otomotif.

Menurut Samsuar, penaikkan tarif bea masuk dilakukan dalam rangka peningkatan daya saing industri, perlindungan konsumen dan memperhatikan kemampuan industri dalam negeri di tengah adanya hambatan perdagangan internasional.

Perubahan klasifikasi barang dan pembebanan tarif BM diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 110/PMK.011/2007 dan berlaku sejak 14 September 2007.

Masuk dalam jenis produk yang naik tarif BM-nya dari 20 menjadi 45% adalah station wagon dan mobil balap dengan mesin piston pembakaran cetus api yang memiliki kapasitas silinder (a) melebihi 1.800 cc hingga 2.000 cc masuk dalam HS 8703.23.92.10, (b) melebihi 2.000 cc hingga 2.500 cc masuk dalam HS 8703.23.93.10, dan (c) melebihi 2.500 cc, dengan sistem gardan tunggal.

Sedangkan untuk kendaraan complete knock down (CKD) yang memiliki kapasitas melebihi 2.500 cc (HS 8703.33.60.00) dikenai tarif BM 20% dari sebelumnya 45%.

]9,5 Juta keluarga Indonesia belum punya rumah

Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf Asy’ari, Sabtu (27/10) mengatakan, sekitar 9,5 juta keluarga Indonesia belum memiliki rumah atau menempati rumah yang bukan miliknya.

Menurut Yusuf, jika diasumsikan 20 tahun mendatang seluruh rakyat Indonesia sudah memiliki rumah, dengan mempertimbangkan pertumbuhan penduduk 1,6 persen per tahun, rata rata penghuni 4,4 jiwa untuk setiap rumah, serta kebutuhan rumah akibat dana dan alasan lain diperkirakan satu persen, maka kebutuhan rumah secara nasional yang harus dibangun sekitar 1.674.102 unit tiap tahun.

Kemampuan pemerintah untuk mencukupi kebutuhan perumahan masih dari jauh dari target 1,6 juta lebih, apalagi data realisasi kredit kepemilikan rumah bersubsidi setelah 1997 cenderung menurun. Pada 1997 realisasinya 177.093 unit rumah, turun pada 2005 hanya 70.000 unit rumah.

]RI Presiden DK PBB November

Indonesia pada Bulan November akan mendapat giliran menjadi presiden Dewan Keamanan (DK) PBB.

Direktur Kerjasama Internasional dan Perlucutan Senjata Departemen Luar Negeri Desra Percaya, Jumat (26/10) mengungkapkan rencananya, Indonesia akan mengangkat isu tematik yang sejalan dengan kepentingan Indonesia di PBB dan kawasan yakni peningkatan peran organisasi regional dalam pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

Peningkatan peran organisasi regional dan subregional dalam konteks Piagam PBB dipandang akan dapat mengurangi beban PBB dalam menjaga perdamaian dunia, sekaligus mempersempit kesenjangan antara kesepakatan internasional dan realitas regional.

Pada masa kepresidenannya nanti, Indonesia akan fokus pada kualitas dan praktik resolusi-resolusi yang dihasilkan.

Indonesia memandang telah terjadi devaluasi peran DK PBB karena banyak resolusi dikeluarkan tanpa aksi dan hasil yang jelas.

Sesuai tata urutan abjad, Indonesia akan menjabat presiden DK PBB November nanti selama sebulan. Meskipun tidak wajib, Indonesia akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengadakan debat terbuka tingkat menteri luar negeri sebagaimana diselenggarakan presiden-presiden DK PBB selama kurun Januari sampai Oktober 2007, kecuali AS dan China.

Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB untuk periode dua tahun 2007-2008. Indonesia terakhir kali menjabat presiden DK PBB pada 1996.

]Akitvitas Anak Gunung Krakatau makin meningkat

Badan Vulkanolgi Dan Mitigasi Bencana Gelogi Bandung Minggu (28/10) menaikkan status Anak Gunung Krakatau dari waspada menjadi Siaga.

Agus Rukman, peneliti dari Badan Vulkanolgi dan Mitigasi Bandung mengungkapkan tindakan ini dilakukan karena aktivitas anak Gunung Krakatau terus meningkat.

Dengan peningkatan status ini, warga, nelayan dan wisatawan dilarang beraktivitas pada radius 3 kilometer dari Anak Gunung Karatau. Namun, diprediksi peningkatan aktivitas gunung berapi, tidak akan menimbulkan tsunami karena letusan disebabkan oleh pembetukan kawah baru yang berada sekitar 300 meter dari kawah yang lama.

Menurut Agus, hingga Minggu dini hari, tercatat 203 kali letusan yang disertai gempa vulkanik sebanyak 99 kali, vulkanik dangkal 40 kali dan tiga kali gempa tremor.

Gunung Krakatau meletus pada 25 Agustus 1883 dan menewaskan 36 ribu jiwa penduduk sekitar dan melenyapkan gunung serta pulaunya. Pada 1927, dilokasi bekas gunung Krakatau muncul anak Gunung Krakatau di tengah kaldera yang terendam air laut. Dari waktu ke waktu, anak Gunung Krakatau terus tumbuh hingga setinggi 236 meter.

]Peringatan Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-79, Minggu (28/10) di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta, dihadiri oleh tokoh pemuda dan pemuda berprestasi.

Ketua Umum Panitia Nasional Peringkatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-79, Sakhyan Asmara, mengatakan penyelenggaraan peringatan HSP di Museum Sumpah Pemuda yang dilaksanakan untuk kedua kalinya, setelah kali pertama tahun 2005, ditujukan untuk memberikan gambaran suasana historik dan patriotik pada saat dilakukannya pendeklarasian tekad pemuda tahun 1928 untuk bertanah air satu, berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatuan Indonesia

Untuk peringatan tahun ini, panitia juga menampilkan maestro biola Idris Sardi, yang mengiringi lagu Indonesia Raya dengan gesekan biola yang dulu dipakai oleh WR Supratman pada tahun 1928.

]Roof garden di Jakarta Pusat, solusi untuk mengatasi ruang terbuka hijau

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pertamanan Jakarta Pusat (Jakpus), Gunawan Widoyoko, Minggu (28/10) menyatakan, roof garden atau taman di atas gedung tinggi, menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta Pusat.

Potensi pembuatan roof garden di Jakpus, tinggi mengingat banyaknya gedung tinggi, seperti, di kawasan Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman.

Menurut Gunawan, saat ini pola roof garden sudah mulai diterapkan di sejumlah gedung karena saat ini luas RTH di Jakpus saat ini baru 7,9 persen dari keseluruhan luas wilayah yang seluas 48,08 kilometer persegi. Padahal sesuai Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah DKI Jakarta, pemda diwajibkan memenuhi areal seluas 13,94 persen.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: