Tiga mantan pejabat Pertamina jadi tersangka VLCC

] Tiga mantan pejabat Pertamina jadi tersangka VLCC
] UMP DKI 2008 Rp 972.604
] Laba bersih Medco naik 13,4 persen
] Pilot Garuda Yogya jadi tersangka
] Kalla menegaskan tetap solid dengan Presiden
] 14.000 pekerja wisata DKI ancam mogok saat malam tahun baru
] Proses kasus Eddie Widiono ditutup

] Tiga mantan pejabat Pertamina jadi tersangka VLCC

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kemas Yahya Rahman, Jumat (02/11) mengumumkan tiga mantan pejabat Pertamina yakni mantan Direktur Keuangan Alfred Rohimone, mantan Dirut Afifi Nawawi dan mantan Komisaris Utama Laksamana Sukardi ditetapkan sebagai tersangka kasus penjualan dua tanker very large crude carrier (VLCC).

Terkait penetapan ini, Kejagung mulai Jumat (02/11) langsung mencekal mereka. Penetapan para tersangka tersebut baru merupakan tahap awal karena Kejagung masih akan mengumumkan tersangka lainnya.

] UMP DKI 2008 Rp 972.604

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Kamis (01/11) mengumumkan penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2008 sebesar Rp 972.604,8 per bulan, naik 8 persen dibandingkan UMP 2007 sebesar Rp 900.560 per bulan.

Menurut Fauzi, jumlah UMP 2008 dinilai memadai karena kenaikannya lebih tinggi daripada prediksi pertumbuhan ekonomi Jakarta 2008 yang mencapai 6,7 persen dan prediksi inflasi Jakarta 2008, yakni 6,0-6,2 persen.

Penentuan UMP dilakukan oleh Dewan Pengupahan DKI Jakarta yang terdiri atas perwakilan serikat pekerja, perwakilan pengusaha, akademisi dan pemerintah. Penentuan dilakukan dengan melakukan survei kebutuhan hidup layak (KHL) dan dilanjutkan dengan negosiasi antara pengusaha dan serikat pekerja.

KHL disurvei bersama antara pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja di 10 pasar tradisional selama tiga bulan. Harga 43 komoditas, termasuk bahan kebutuhan pokok yang dikonsumsi pekerja, menjadi acuan penentuan KHL.

] Laba bersih Medco naik 13,4 persen

Perusahaan minyak dan gas, PT Medco Energi Internasional Tbk (Medco), dalam laporan keuangan yang dikeluarkan, Jumat (02/11) menyebutkan laba bersih dalam sembilan bulan pertama 2007 meningkat 13,4% atau sebesar USD38,36 juta dibanding periode sama tahun 2006 yang sebesar USD33,83 juta.

Sementara laba usaha Medco meningkat 19% menjadi USD205,96 juta, yang didukung oleh penjualan bersih yang meningkat menjadi USD641,44 juta dari sebelumnya USD578,66 juta.

Kontributor utama penerimaan perseroan antara lain dari penjualan minyak dan gas yang  meningkat 7,4% menjadi USD436,5 juta dan penerimaan dari operasional pengeboran dan jasa terkait naik 35% menjadi USD119,27 juta.

Namun, pertumbuhan laba bersih dibatasi oleh kerugian dari penjualan aset sebesar USD19,18 juta dan tingginya beban bunga sebesar USD50 juta.

] Pilot Garuda Yogya jadi tersangka

Kapolri Jenderal Pol Sutanto, Jumat (02/11) menjelaskan bahwa pilot Garuda GA-200, Marwoto Komar, yang mengalami kecelakaan di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, pada 7 Maret 2007, yang menewaskan 21 orang, telah ditetapkan menjadi tersangka.

Menurut Sutanto, Pilot Marwoto sudah diperiksa di Yogya. Namun belum diketahui jadwal pemanggilan selanjutnya.

] Kalla menegaskan tetap solid dengan Presiden

Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis (01/11) membantah adanya keretakan hubungan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Kalla, dirinya tak berniat berpisah dengan Presiden hingga 2009.

Selain itu, Kalla mengatakan sering muncul kesan yang salah di berbagai media massa soal hubungannya dengan Yudhoyono.

Kalla juga menegaskan tak terlalu menanggapi berbagai poling tentang turunnya popularitas pemerintahan.

] 14.000 pekerja wisata DKI ancam mogok saat malam tahun baru

Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM) yang memiliki 14.000 anggota, Jumat (02/11)  mengancam akan mogok kerja pada malam tahun baru 2008 jika tidak ada peningkatan upah pekerja di sektor tersebut.

Sekretaris FSPM Regional Jakarta Dewi Fitriana mengatakan, para pekerja pariwisata berhak atas upah minimum sektoral provinsi. Yang nilainya, 10 persen lebih besar dari upah minimum DKI 2008 Rp 972.604.

Menurut Dewi, sektor pariwisata sejak 2007 telah menjadi penghasil devisa terbesar untuk DKI.selain itu sektor pariwisata dinilai paling tahan terhadap perubahan iklim usaha dan investasi yang tidak menentu.

] Proses kasus Eddie Widiono ditutup

Proses penuntutan kasus dugaan korupsi yang melibatkan Direktur Utama PT PLN (Persero), Eddie Widiono dan beberapa pejabat PLN lainnya dihentikan karena tidak cukup bukti.

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Hary Hermansyah., Jumat (02/11) mengungkapkan setelah melakukan dua kali gelar perkara yang juga dihadiri penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, jaksa peneliti menyatakan tidak ada bukti pelanggaran hukum dalam kasus tersebut.

Menurut Hary, pengadaan barang dan jasa yang bersifat khusus diperbolehkan, seperti termuat dalam pasal 17 Kepres Nomor 80 Tahun 2003.

Proyek pembangkit listrik PLN dinilai bersifat khusus karena berbahan bakar gas dan termasuk barang langka atau keberadaannya di pasar sangat terbatas.

Kasus dugaan korupsi di PLN muncul dalam pengadaan dua unit pembangkit listrik tenaga gas.

Nilai proyek tersebut diduga menyusut menjadi 20 juta dolar AS dari nilai awal 29 juta dolar AS karena dilakukan melalui pihak ketiga. Oleh karena itu, BPKP melihat ada potensi kerugian negara.

Selain itu, penunjukan rekanan secara langsung juga dinilai menyalahi aturan, karena pengadaan barang dan jasa senilai Rp200 juta atau lebih harus melalui tender. 

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: