Subsidi BBM 2007 bengkak Rp90 Triliun

Indeks

] Dephub tetapkan standar helm sepeda motor
] Subsidi BBM 2007 bengkak Rp90 Triliun
] Pemerintah reekspor tabung gas 3 kg temuan BC
] Minyak tanah diselewengkan, negara rugi Rp16 triliun
] Memasuki akhir tahun 2007, realisasi produksi minyak hanya 95,4%
] Adelin Lis, terdakwa perambah hutan divonis bebas
] Tiga bank ikut biayai proyek kereta bandara
] Medco investasi BBN US$45 juta

] Dephub tetapkan standar helm sepeda motor

Departemen Perhubungan (Dephub) menetapkan, standar helm pelindung kepala untuk pengendara sepeda motor, menyusul tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang dominan melibatkan sepeda motor.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Dephub, Iskandar Abubakar, Senin (05/11) mengungkapkan penetapan standar helm mengikuti perkembangan kondisi, khususnya perkembangan produksi helm standar oleh pabrikan.

Standar baru yang akan berlaku 1 Oktober 2008, hanya mengakomodir helm ukuran tiga perempat atau penuh (full face) yang dapat dibeli dengan harga minimal Rp60 ribu, sedangkan helm ukuran setengah tidak masuk standar.

Berdasarkan data Asuransi Jasa Raharja, korban tewas kecelakaan jalan yang melibatkan sepeda motor 16 ribu orang per tahun.

Jumlah itu setara dengan 54 persen jumlah korban tewas kecelakaan jalan yang mencapai sekitar 30 ribu kejadian per tahun.

] Subsidi BBM 2007 bengkak Rp90 Triliun

Pemerintah memastikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) melonjak hingga Rp90 triliun dari target APBN Perubahan 2007 yang sebesar Rp55,6 triliun.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, Senin (05/11), menyatakan peningkatan disebabkankan kenaikan harga minyak dunia yang melebihi harga patokan dalam APBN. Pemerintah menggunakan patokan harga minyak Indonesia (ICP) US$60 per barel dalam APBN-P 2007, sementara harga ICP saat ini sudah mencapai US$72 per barel.

Akibat kenaikan harga ICP, maka dapat dipastikan subsidi listrik membengkak menjadi sekitar Rp50 triliun dari yang sebelumnya Rp32,44 triliun.

Menurut Purnomo, untuk mengurangi subsidi ada dua cara yakni menaikkan harga BBM untuk menekan subsidi dan mengurangi volume konsumsi BBM.

Namun Purnomo menambahkan, opsi menaikkan harga BBM tidak bisa dilakukan karena dampak sosialnya sangat besar, kemungkinan opsi kedua akan diambil.

Penurunan konsumsi BBM terutama difokuskan pada penyerap subsidi BBM terbesar yakni sektor rumah tangga dan transportasi.

Pengurangan konsumsi BBM di sektor rumah tangga dilaksanakan dengan mempercepat program konversi minyak tanah ke elpiji. Sedangkan di sektor transportasi, dengan membatasi kendaraan yang mengisi BBM bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Hanya kendaraan roda dua dan angkutan umum yang boleh mengisi BBM bersubsidi, sedangkan kendaraan pribadi apalagi mewah, diharuskan mengisi BBM non subsidi seperti pertamax atau pertamina dex.

] Pemerintah reekspor tabung gas 3 kg temuan BC

Pemerintah memutuskan mengekspor kembali puluhan ribu tabung gas ukuran 3 kg yang ditemukan pihak Bea dan Cukai karena terkait dengan masalah keselamatan dan keamanan, serta demi kemajuan produksi dalam negeri.

Menteri Perindustrian, Fahmi Idris, Senin (05/11) menyatakan kebijakan tersebut diberlakukan tidak hanya untuk produk tabung LPG 3 kg. Tapi juga, sejumlah produk terkait lain seperti kompor gas dan aksesoriesnya.

Menurut Fahmi, para produsen tabung gas yang terbukti “nakal” dengan melakukan impor akan diberikan sanksi tegas dengan tidak diikutkan lagi dalam tender konversi minyak tanah ke liquified petroleum gas (LPG).

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengidentifikasi 83.498 unit tabung liquefied petroleum gas (LPG) ukuran 3 kilogram yang diimpor dari China, Thailand, dan Australia yang dilakukan oleh empat perusahaan yakni PT Global Pacific Energy (GPE), PT Global Teknik, PT Pelangi Indah Kanindo dan PT Mitra Raya Sukses Mandiri.

Direktur Jenderal Bea & Cukai Anwar Suprijadi, Senin (05/11) mengatakan penemuan tabung LPG ukuran 3 kg, melengkapi daftar temuan 395.642 unit tabung gas berbagai ukuran, yakni 5 kg, 6 kg, 9 kg, dan 15 kg, yang diimpor oleh perusahaan swasta. Impor terakhir masuk pada 23 Oktober 2007 melalui Tanjung Priok sebanyak 7.344 unit.

] Minyak tanah diselewengkan, negara rugi Rp16 triliun

Dirut Pertamina Ari Soemarno, Senin (05/11) mengungkapkan sekitar 30% minyak tanah bersubsidi diselewengkan ke sektor industri dan mengakibatkan pemerintah mengalami kehilangan dana subsidi hingga Rp16 triliun.

Dengan demikian, dana subsidi sekitar Rp16 triliun hilang, dan total subsidi pemerintah untuk minyak tanah diperkirakan membengkak dari Rp40 triliun menjadi Rp50 triliun akibat kenaikan harga minyak mentah dunia.

Untuk itu, Ari menegaskan dukungannya terhadap program konversi minyak tanah ke gas, karena akan mengurangi tingkat penyelewengan minyak tanah.

Saat ini total subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang harus dikeluarkan pemerintah mencapai sekitar Rp76 triliun dengan asumsi harga minyak US$63 per barel. Namun jumlah subsidi tersebut akan meningkat, karena harga minyak mentah dunia saat ini telah menyentuh US$92-US$96 per barel.

] Memasuki akhir tahun 2007, realisasi produksi minyak hanya 95,4%

Memasuki akhir tahun 2007, realisasi produksi minyak baru 95,4% dari target APBN Perubahan 2007 yang sebesar satu juta barel per hari.

Wakil Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Abdul Muin, Senin (05/11), mengatakan lambatnya realisasi produksi minyak karena gangguan fasilitas dan lapangan yang sudah tua.

Berdasarkan data BP Migas, status produksi rata-rata hingga 30 Oktober adalah 952.771 barel minyak per hari (barrel oil per day/bopd). sedangkan produksi minyak sebesar 825.335 bopd, ditambah kondensat 127.436 bopd, sehingga total 952.771 bopd.

Dalam APBNP 2007, produksi minyak dan kondensat total diperkirakan mencapai 1.000.000 bopd. Asumsi sudah memasukkan penggunaan minyak untuk lapangan Duri, Sumut, miliki PT Chevron Pasific Indonesia sebesar 50.000 bopd.

] Adelin Lis, terdakwa perambah hutan divonis bebas

Arwan Byrin, ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa perambah hutan Adelin Lis, Senin (05/10).

Majelis hakim dalam putusannya menyatakan terdakwa Adelin bebas dari hukuman 10 tahun penjara. Terdakwa juga dibebaskan atas tuntutan kewajiban mengganti rugi provisi sumber daya hutan (PSDH) dan Dana Reboisasi (DR) senilai Rp119,8 miliar dan USD2.9 juta. Majelis juga memerintahkan terdakwa Adelin agar segera dibebaskan dan nama baik terdakwa direhabilitasi.

Menanggapi putusan PN Medan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Harli Siregar menilai majelis hakim mengabaikan keterangan saksi ahli dan bukti-bukti perambahan hutan di persidangan.

Harli menyatakan minggu depan JPU akan melakukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung.

Sebelumnya JPU menuntut terdakwa Adelin Lis selama 10 tahun penjara dan denda Rp1 miliar serta subsidier enam bulan. Adelin juga diwajibkan mengganti kerugian negara senilai Rp119,8 miliar dengan tanggung renteng bersama rekannya yakni Sucipto, Washington Pane, dan Oscar Sipayung selaku jajaran direksi PT Keang Nam Development Indonesia (KNDI) yang melakukan kerusakan hutan di Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara Kadiv Humas Mabes Pori Irjan Sisno Adiwinoto, Senin (05/11) mengungkapkan kekecewaannya terkadap vonis bebas yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan terhadap Adelin.

Menurut Sisno, Polri dan Kejaksaan sudah bekerja maksimal guna menjerat para pelaku pembalakan liar yang sangat merugikan negara dan membuat hutan Indonesia rusak.

Sisno menambahkan, meskipun Adelin Lis divonis bebas, hal itu tidak akan melunturkan niat Polri menghabisi para pembabat hutan.

] Tiga bank ikut biayai proyek kereta bandara

Tiga bank nasional yakni Bank Mandiri, BNI dan Bank Mega, akan ikut mendanai proyek pembangunan prasarana dan sarana kereta bandara yang akan menghubungkan Stasiun Manggarai-Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dan diperkirakan akan membutuhkan total dana sebesar Rp 2,2 triliun.

PT KA sendiri sudah menyiapkan dana internal Rp 400 miliar

Ronny Wahyudi, Komisaris PT RaiLink (konsorsium antara PT Kereta Api dan PT Angkasa Pura II), akhir pekan lalu menjelaskan, pengerjaan proyek KA bandara sudah dijadwalkan mulai pada Februari 2008 dan untuk pendanaannya PT KA sudah menyiapkan Rp 400 miliar.

KA Bandara rute Manggarai- Bandara Soekarno-Hatta akan melalui Stasiun Dukuh Atas, Tanah Abang, Grogol, Pesing, Rawa Buaya, Kalideres, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Kereta bandara sangat dibutuhkan mengingat akses ke bandara saat ini sangat bergantung pada jalan tol yang saat ini sudah sedemikian padat.

] Medco investasi BBN US$45 juta

PT Medco Ethanol Lampung, anak usaha MedcoEnergi Chemical, menginvestasikan US$45 juta untuk pengembangan bahan bakar nabati jenis etanol dari tanaman singkong (casava) di Lampung.

Presiden Komisaris MedcoEnergi Chemical Djatnika S Puradinata, Senin (05/11) menjelaskan pabrik etanol yang sedang dalam tahap akhir konstruksi itu sudah bisa berproduksi pada awal 2008, dengan kapasitas 180 kilo liter per hari dan seluruh hasil produksinya akan di ekspor ke China, Eropa dan India.

Mengenai harga, Djatnika mengungkapkan Medco akan menjual etanol dengan harga US$450 per ton.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: