Pemerintah siapkan simulasi kenaikan harga minyak hingga USD100/barel

Pemerintah telah menyiapkan simulasi pengaruh kenaikan harga minyak dunia pada perekonomian Indonesia.

Menko Perekonomian Boediono, Rabu (07/11) mengungkapkan pemerintah sedang membahas langkah antisipatif dan perkiraan mengenai pengaruh kenaikan harga minyak pada APBNP 2007 dan prospek 2008 kalau rata-rata sampai dengan USD100/barel. Kemudian dampak pada neraca pembayaran dan pada biaya bagi produksi dalam negeri.

Menurut Boediono, dampak kenaikan harga minyak dunia yang telah menembus USD98/barel akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, baik langsung seperti kenaikan biaya produksi beberapa sektor industri ataupun tidak langsung contohnya perlambatan pertumbuhan ekonomi negara seperti AS, Jepang dan Eropa.

Dari exercise awal, beberapa komoditi yang cukup penting seperti minyak sawit, karet dan batubara, tidak berpengaruh karena harganya semakin baik.

Sedangkan terhadap komoditi yang akan terpengaruh pertumbuhannya, seperti manufaktur, pemerintah akan memberi fasilitas kemudahan konversi sumber energi dari BBM yang mahal, ke energi lainnya yang murah.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: