Surat berharga negara jadi sumber pembiayaan utama APBN

Sumber pembiayaan APBN pada tahun-tahun mendatang akan sangat tergantung pada penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) dan pembiayaan melalui pinjaman luar negeri akan turun.

Dirjen Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto, Kamis (08/11) menyatakan ketergantungan APBN terhadap surat berharga yang diterbitkan pemerintah semakin terlihat sejak 2005, yang sebesar Rp 22,6 triliun, di tahun 2006 sebesar 36 triliun, proyeksi 2007 Rp 58,5 triliun dan pada 2008 diharapkan Rp 91,6 triliun.

Dengan semakin berkembangnya surat berharga yang diterbitkan pemerintah ketergantungan APBN pada pinjaman luar negeri mengalami penurunan.

Rahmat memproyeksikan pada akhir tahun 2007 ini akan terjadi penurunan penggunaan pinjaman luar negeri menjadi 0,3 persen terhadap PDB dan pada 2008 diharapkan turun menjadi 0,4 persen dari nilai PDB.

Sampai saat ini, pemerintah telah menerbitkan berbagai macam SBN, mulai dari Surat Utang Negara, Surat Perbendaharaan Negara, Zero Coupon Bond, dan obligasi internasional.

Sedangkan Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk, rancangan undang-undangnya masih dibahas di DPR dan ditargetkan selesai dibahas pada tahun 2008.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: