Pertamina tawarkan saham ke publik tahun 2012

Pemerintah berencana melakukan penawaran saham perdana (IPO) PT Pertamina paling lambat pada 2012 dan dananya akan digunakan untuk ekspansi usaha.

Menteri BUMN Sofyan Djalil, Selasa (13/11) mengatakan sebelum pelepasan saham Pertamina ke publik, Pertamina harus melakukan pembenahan internal dan yang paling utama adalah menyelesaikan neraca awal.

Menurut Sofyan, sejak Pertamina menjadi Persero pada 17 September 2003, belum pernah membuat neraca awal yang berisikan penjelasan mengenai aset-aset yang dimiliki. Dan dampaknya Pertamina sering menghadapi kendala saat menawarkan obligasi untuk mendapatkan pinjaman.

Pertamina pernah melakukan pendataan aset dan audit keuangan pada 2003 dan dijadwalkan selesai pada akhir 2004, namun terhenti karena pergantian kabinet dan sampai saat ini belum rampung.

Sofyan menambahkan, selain masalah neraca awal, Pertamina juga harus membenahi sektor hulu dan hilir.

Sofyan memberi contoh PetroChina, setelah go public, menjadi perusahaan terbesar karena fokus di sisi hulu.

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: