Bank Dunia prediksi pertumbuhan Indonesia 2008 capai 6,4 persen

Pada 2008, Indonesia diprediksi akan mengalami kenaikan konsumsi domestik dan investasi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi sebesar 6,4 persen atau naik 0,1 persen dibanding 2007.

Country Director Bank Dunia untuk Indonesia, Joachim von Amsberg, Kamis (15/11) mengungkapkan Bank Dunia memperkirakan, meskipun ada perlambatan global namun pemerintah Indonesia mampu mempertahankan prospek positif ekonomi pada tahun 2008 karena didukung momentum ekonomi dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi, disertai dengan kenaikan investasi.

Menurut Joachim, situasi makroekonomi yang kondusif akan membuka kesempatan reformasi pada sektor mikro yang ditujukan untuk memperbaiki iklim investasi yang bisa menumbuhkan investasi dengan cepat sehingga membuka lapangan kerja baru, kompetisi yang lebih terbuka, dan kenaikan pendapatan untuk menekan kemiskinan.

Sementara, Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia William Wallace mengingatkan, masih ada resiko perlambatan ekonomi mengingat situasi global yang masih bergejolak.

Menurut Wallace, Indonesia dikaruniai komoditas-komoditas dengan nilai jual tinggi di pasar yang kemudian diwujudkan dalam transaksi perdagangan sehingga mendorong pertumbuhan. Namun, di sisi lain, kenaikan harga produk yang tinggi terkompensasi oleh perlambatan ekonomi AS, yang menyebabkan perlambatan ekonomi dunia dan inflasi yang lebih tinggi.

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: